March 31, 2017

Empat Produsen Ini Bersaing Ingin Buat Google Pixel 3

Penulis: Iwan RS
Empat Produsen Ini Bersaing Ingin Buat Google Pixel 3  

MOBITEKNO – Model kemitraan Google dengan produsen smartphone untuk membuat smartphone Pixel tidak lagi sama seperti kemitraan sebelumnya sewaktu membuat smartphone Nexus.

Berbeda dengan Nexus, Pixel menjadi smartphone yang dirancang sepenuhnya oleh Google, baik pemilihan software maupun hardware di dalamnya. Merek (brand) produsen juga tidak lagi tercantum pada bodi smartphone karena praktis yang terlihat hanya logo ‘G’.

Meski tidak lagi mendapat peran lebih jauh dalam pengembangan smartphone Pixel (tidak seperti kemitraan Nexus), bukan berarti kemitraan yang ditawarkan Google untuk membuat smartphone Pixel mendatang menjadi kurang menarik.

Berdasarkan laporan media Tiongkok, Commercial Times, setidaknya ada empat produsen smartphone yang tertarik membuat smartphpne Google Pixel versi mendatang (mungkin bernama Pixel 3) untuk diluncurkan tahun depan (2018). Keempat produsen smartphone tersebut antara lain HTC, LG Electronics, TCL, Coolpad.

Dari keempat produsen tersebut, ada dua produsen asal Tiongkok yang belum pernah melakukan kerjasama dengan Google untuk membuat smartphone Nexus atau Pixel. Keduanya adalah TCL dan Coolpad. TCL dikenal dengan produk smartphone Alcatel, sedangkan Coolpad yang mengusung merek bernama sama merupakan bagian dari LeEco Group yang juga menawarkan merek smartphone LeEco.

Seberapa besar peluang keempat produsen ini untuk mendapatkan hak untuk membuat Pixel 3 tidak bisa diketahui pasti. Prediksi hanya bisa dilakukan untuk dua produsen yang sudah memiliki rekam jejak bermitra dengan Google, yaitu HTC dan LG.

HTC diketahui sudah memegang kontrak untuk membuat Pixel selama dua tahun, yaitu Pixel generasi pertama (2016) dan Pixel 2 yang akan diluncurkan tahun ini.

Sejauh ini, HTC telah membuat lebih dari 2.1 juta unit Pixel (5 inci) dan Pixel XL (5,5 inci) untuk Google sejak dirilis September 2016. Seperti Pixel pertama, Pixel 2 yang akan diproduksi HTC tahun ini juga bakal tersedia dalam dua varian (bersandi Muskie dan Walleye).

Mengingat Google biasanya tidak pernah tiga kali berturut-turut bermitra dengan satu produsen, kemungkinan besar pilihan Googel akan jatuh pada LG. Bukan rahasia lagi jika Google selama ini cukup puas bermitra dengan produsen asal Korea tersebut.

Masih menurut laporan Commercial Times, Commercial Times, Google dikabarkan lebih percaya diri dengan prospek Pixel 3 untuk dipasarkan secara global. Total order Google untuk semua lini Pixel 3 diperkirakan menembus angka 5 juta unit.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS