July 30, 2017

Apa Alasan Bos Huawei Yakin Jika Mate 10 akan Lebih Unggul dari iPhone 8?

Penulis: Iwan RS
Apa Alasan Bos Huawei Yakin Jika Mate 10 akan Lebih Unggul dari iPhone 8?  

MOBITEKNO – Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business Group, dalam wawancaranya dengan Bloomberg Technology baru-baru ini menyatakan bahwa smartphone flagship mendatangnya, Mate 10, akan menjadi produk yang paling 'powerful' yang pernah mereka buat selama ini.

Meski Mate 10 diprediksi akan meluncur hampir bersamaan dengan Apple iPhone 8, Huawei sangat yakin jika phablet flagship mereka tersebut akan sukses di pasar, khususnya dalam persaingannya dengan iPhone terbaru Apple tahun ini.

Memiliki keyakinan dengan  produknya sendiri Yu tentunya wajib hukumnya. Namun, tapi apa argumen logis Yu atas pernyataan jika Mate 9 sangat siap jika diadu dengan iPhone 8 jika keduanya bersamaan hadir di pasar?

Menurut Yu, Mate 10 (jika dibandingkan iPhone 8) akan mengusung ketahanan baterai yang lebih kuat, menggunakan layar full-screen display (bezel-less display, kecepatan charging lebih cepat, kemampuan foto/kamera lebih baik, dan masih banyakj keunggulan lainnya.

Yu belum menyampaikan spefikasi teknis lebih detail dari Mate 10. Namun, mengacu pada dua produk flagship terdahulu (Mate 9 dan P10), prosesor yang akan diusung Mate 10 kemungkinan adalah Kirin 970 yang akan dibuat oleh TSMC dengan proses produksi 10 nm.

'Jeroan' apa saja yang ada dalam Kirin 970 belum diketahui secara pasti. Bocoran sementara, Kirin 970 masih menganut arsitektur core ARM big.LITTLE (kombinasi 4 core Cortex-A73 dan 4 core A53) seperti pada Kirin 960 dengan sedikit penyempurnaan pada sektor core GPU (meningkat menjadi 12 core).

Tidak tertutup kemungkinan jika Kirin 970 juga akan mengusung arsitektur core ARM big.LITTLE yang lebih baru dengan kombinasi kombinasi 4 core Cortex-A75 dan 4 core A53.

Seperti diketahui Cortex-A75 yang baru diumumkan ARM pada ajang Computex 2017 lalu memilki performa memory throughput yang lebih tinggi 16 persen dari sebelumnya. Selain itu, arsitektur ARMv8.2-A yang diusung Cortex-A75 juga didesain lebih optimal dalam mengolah berbagai instruksi yang berkaitan dengan AI (artificial intelligence) dan machine learning.

""

Selain prosesor, Mate 10 mungkin akan datang dengan layar 6 inci (resolusi 2160 x 1080 pixel) dengan aspect ratio (AR) langsing, 18:9. Selain menyempurnakan modul dual camera dari Mate 9 dan P10, Huawei dikabarkan juga akan mengimplementasikan teknologi 3D sensing yang berkaitan dengan kemapuan AR (augmented reality).

Sejauh ini, Huawei telah diakui sebagai vendor smartphone global terbesar setelah Samsung dan Apple. Tahun lalu, Huawei secara terbuka menyatakan ambisinya untuk melewati kedua rivalnya tersebut dalam waktu sekitar empat atau lima tahun mendatang.

Tahun ini, Huawei memasang target penjualan samrtphone mencapai 150 juta unit. Sedikit meningkat dari raihan penjualan smartphone tahun lalu (138 juta unit). Target 150 juta unit di 2017 tentunya bergantung juga dengan kesuksesan Mate 10 saat sudah tersedia di pasaran nanti.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS