May 30, 2017

Kerjasama XL Axiata & Ayobaca.in Ciptakan Buku Audio untuk Penyandang Difabel

Penulis: Eko Lannueardy
Kerjasama XL Axiata & Ayobaca.in Ciptakan Buku Audio untuk Penyandang Difabel  

MOBITEKNO – Buku sering disebut sebagai jendela dunia, karena dapat memberikan berbagai informasi, ilmu pengetahuan serta hiburan bagi para pembacanya. Namun tidak semuanya dapat menikmati secara leluasa, terutama bagi kaum difabel, khususnya tunanetra. Hal ini dikarenakan tidak meratanya akses atau ketersedian buku braille di Indonesia. 

Terkait dengan hal itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan penyedia aplikasi Ayobaca.in menyediakan buku-buku digital dengan spesifikasi khusus untuk kalangan difabel. Ini sekaligus jadi aplikasi pertama di Indonesia yang mengonversi buku konvensional menjadi buku audio dengan melibatkan masyarakat sebagai pembaca sukarelawan.

Chief Corporate Affair Officer XL Axiata, Eka B. Danuwirana mengatakan, “Pendidikan merupakan hal yang utama bagi kemajuan sebuah bangsa, dan seluruh masyarakat berhak untuk memperolehnya, termasuk saudara-saudara kita peyandang difabilitas. Kerjasama XL Axiata dengan Ayobaca.in ini menunjukkan keyakinan kami bahwa kehadiran teknologi digital di tengah masyarakat selayaknya bisa dimanfaatkan.

Eka menambahkan, XL Axiata terus berkomitmen menjalankan program sosial berkelanjutan untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia melalui penggunaan teknologi digital. XL Axiata juga berusaha melakukan edukasi kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan teknologi digital secara positif, termasuk meningkatkan kinerja dan produktivitas yang kali ini khusus menyasar para penyandang difabel. 

Aplikasi Ayobaca.in merupakan hasil karya sekelompok mahasiswa Indonesia yang diprakarsai oleh Deka Komanda Yogyantara, Razii Abraham, Claristy, Debora  Valentini Br Ginting dan Ferry Fernando. Mereka merupakan alumni Program XL Future Leaders (XLFL) angkatan ke-3, serta ada dua mahasiwa dari luar XLFL, yaitu Velta Azizah Destiana, Risyad Ridho Hasbullah. 

Aplikasi ini adalah yang pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan mengonversi buku konvensional menjadi format buku audio. Berbagai jenis bacaan dihadirkan dalam aplikasi ini, seperti buku pelajaran sekolah atau buku teks, buku ilmiah, modul, hingga komik dan novel. Saat ini aplikasi Ayobaca.in dapat diunduh melalui Google Play Store dan akan tersedia di iOS pada bulan depan. 

Masyarakat nantinya dapat menjadi volunteer untuk membacakan berbagai pilihan buku yang tersedia di Ayobaca.in dengan cara merekam suara secara real time, di mana pun dan kapan pun, serta dapat melalui media apa pun. Hasil rekaman suara selanjutnya diunggah ke Ayobaca.in. Pembaca buku dapat membaca per bab yang disukainya, lalu dilanjutkan oleh yang lainnya.

Selanjutnya Ayobaca.in juga akan mengonversi hasil rekaman menjadi buku audio dalam bentuk CD. Dengan menargetkan 1 hari 1 buku (1 buku setara 10-12 jam versi audio) yang dapat dikonversikan. Nantinya, buku audio yang dihasilkan akan didistribusikan oleh Yayasan Mitra Netra beserta PERTUNI ke berbagai yayasan dan perpustakaan khusus tunanetra.

 

Tags: , , ,


COMMENTS