November 29, 2017

Dukung Ekraf sebagai Pilar Baru Ekonomi Indonesia, BEKRAF Luncurkan Buku Opus 2017

Penulis: Karyo
Dukung Ekraf sebagai Pilar Baru Ekonomi Indonesia, BEKRAF Luncurkan Buku Opus 2017  

MOBITEKNO – Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dibentuk berdasarkan PerPres no 6 tahun 2015, baru saja meluncurkan buku Outlook Ekraf (Opus) 2017. Buku yang merupakan laporan dan pemaparan hasil kinerja dan pencapaian BEKRAF hingga tahun 2017 ini juga berisi data-data, informasi serta laporan mengenai Ekraf ( Ekonomi kreatif ) sebagai panduan bagi para pelau usaha dan pemangku kepentingan di Indonesia.

Menurut  Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf menjelaskan bahwa buku Opus 2017 diharapkan dapat memberikan pencerahan dan perspektif terkini mengenai peluang serta potensi Ekraf Indonesia. “Kami juga ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan ekosistem Ekraf yang baik di Indonesia,” ujar  Triawan, dalam keterangan pers- nya di Jakarta, Selasa (27/11/2017).

Triawan juga menjelasakan bahwa ekonomi kreatif pada 2015 telah berhasil menyumbang sekitar 852 triliun rupiah atau sebesar 7,83 persen terhadap total PDB Indonesia. Olehkarenanya menurut Munaf, Ekonomi Kreatif (Ekraf) berpotensi menjadi poros ekonomi di masa mendatang. Hal itu menurut Munaf disebabkan oleh kemampuannya untuk menyerap banyak tenaga kerja melalui lapangan pekerjaan baru yang tercipta, ekspor ke berbagai negara juga peningkatan nilai tambah.

Sementara itu menurut Ricky Pesik sebagai Wakil Kepala BEKRAF, salah satu tugas utama Bekraf adalah bagaimana meningkatkan nilai tambah dari produk-produk kreatif yang selama ini hanya dinikmati oleh pihak luar saja. “Karena kita seringkali hanya menjadi tukang jahit saja. Sementara yang mempunyai merek dan nilai hak paten yang mempunyai pihak luar. Padahal itu yang mempunyai nilai tambah yang besar,“ ujar Ricky saat peluncuran buku tersebut di Jakarta, Selasa ( 27/11/2018).

Tags: , , , ,


COMMENTS