April 29, 2017

Digelar Jelang Idul Fitri, Saat yang Tepat untuk Dongkrak Industri Otomotif

Penulis: Desmal Andi
Digelar Jelang Idul Fitri, Saat yang Tepat untuk Dongkrak Industri Otomotif  

MOBITEKNO – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia H. Jusuf Kalla di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (27/4). Pembukaan IIMS 2017. Pembukaan juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan sejumlah Duta Besar negara sahabat, pengurus Gaikindo dan AISI, pihak Agen Pemegang Merek (APM) mobil maupun sepeda motor, serta perwakilan peserta pameran.
 
Digelarnya pameran otomotif ini dari tanggal 27 April 2017 hingga 7 Mei 2017 dinilai beberapa kalangan sangat tepat, karena momennya mendekati hari raya Idul Fitri 2017. Jelang hari raya biasanya terdapat peningkatan yang cukup tajam terhadap penjualan beragam produk otomotif. Masyarakat banyak yang membutuhkan kendaraan untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga di daerah. Oleh sebab itu, di IIMS 2017 ini, terdapat 21 merek mobil dan 11 merek sepeda motor serta lebih dari 250 industri pendukung otomotif yang dapat menawarkan berbagai macam pilihan kepada masyarakat Indonesia.

Pada saat pembukaan, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pun mengingatkan bahwa industri otomotif di Indonesia jangan hanya berfokus pada pasar, tetapi juga perakitan kendaraan, serta penguasaan tenologi yang dimiliki kendaraan tersebut.

“Saat ini, masyarakat menginginkan high quality product, yang memiliki low energy consumption, low cost serta low carbon emmision. Jadi tantangan teknologinya yang kini juga berkembang” ujar JK. “Saat yang lain telah memiliki standar emisi Euro 4, kita masih menggunakan Euro 3 atau Euro 2. Karenanya kita harus mengejar ketertinggalan tersebut antara lain untuk turut menghasilkan lingkungan yang baik,” paparnya.
 
Itulah yang menjadikan pameran seperti IIMS 2017 ini berguna sebagai ajang bagi produsen untuk memberitahu kepada konsumen, sekaligus berkompetisi menunjukkan produk dan teknologi yang memenuhi ketiga syarat tadi. “Mudah-mudahan ajang IIMS ini akan selalu berkembang dan mendorong kemajuan, tak hanya dalam hal penjualan, namun juga industrinya dan juga jasa atau after sales services-nya,” tegas JK.

Di pameran ini, Dyandra Promosindo selaku panitia penyelenggara tetap membawa tema besar “The Essence of Motor Show”. Esensi dari sebuah Motor Show akan terlihat semua di IIMS ini. Oleh karenanya, target yang ingin dicapai pun harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Dengan seluruh elemen kemeriahan yang sudah kami siapkan dalam gelaran IIMS 2017 kali  ini, membuat kami optimis jika target 450.000 pengunjung dan transaksi Rp 3,1 Trilyun selama 11 hari pelaksanaan IIMS 2017 ini, dapat tercapai,” yakin Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo.

IIMS 2017 sendiri diselenggarakan di atas lahan seluas 105.000 myang meliputi nyaris seluruh area JIExpo, dari Hall A, Hall B, Hall C, Hall D, Hall C3, hingga outdoor area. Berbagai fasilitas disediakan untuk memanjakan pengunjung, termasuk sarana transportasi shuttle bus gratis dari berbagai mall seputar Jabodetabek dan layanan langsung busway TransJakarta ke lokasi. Pameran terbuka untuk umum setiap hari pukul 11.00 – 21.00 WIB (hari kerja) dan 10.00 – 21.00 WIB (hari libur) dengan HTM Rp 40.000 (weekdays) dan Rp 60.000 (weekend & hari libur).

Tags: , , ,


COMMENTS