February 28, 2017

Tiada Hari Tanpa YouTube! Berapa Lama Para Netizen Habiskan Waktu Nonton di Youtube?

Penulis: Iwan RS
Tiada Hari Tanpa YouTube! Berapa Lama Para Netizen Habiskan Waktu Nonton di Youtube?  

MOBITEKNO – YouTube telah jauh berubah sejak hadir lebih dari satu dekade lalu. Situs streaming video ini telah banyak berperan dalam perkembangan teknologi video, baik dari sisi kualitas dan format.

Layanan ini memulainya dari konten video berkualitas 240p, lalu muncul kualitas (resolusi) 1080p (Full-HD), hingga akhirnya hadir pula konten video berkualitas 4K dan 8K.

Platform video online ini juga turut berjasa mendukung beberapa artis YouTube (YouTube personalitiy) hingga akhirnya menjadi selebriti kelas dunia. Misalnya saja Justin Beiber atau PSY dengan video paling banyak ditonton, yaitu 'Gangnam Style'.

Video klip 'Gangnam Style' dari Psy saat ini menjadi klip paling banyak ditonton di YouTube . Jumlah penontonnya sejauh ini hampir menyentuh angka 3 miliar kali ditonton oleh para netizen (2,774 miliar per Februari 2017). 

Berbicara mengenai jumlah peonton, YouTube baru-baru ini juga berhasil mencatat rekor tersendiri dalam sejarah layaan portal video streaming di Internet. Gaya hidup menonton video online sebagai santapan harian warga netizen belakangan ini semakin dipertegas oleh laporan terbaru Youtube.

Menurut laporan terbaru, layanan video yang kini dimiliki Alphabet Inc. (perusahaan induk Google) menunjukkan bahwa ada sekitar satu miliar jam video YouTube yang ditonton setiap harinya.

Video selama satu miliar jam yang ditonton per hari ini merupakan pencapaian YouTube yang tidak bisa dianggap sepele. Sebagai platform video streaming terpopuler saat ini, rekor-rekor baru lainnya yang berkaitan dengan video streaming biasanya juga berawal dari YouTube.

Rekor baru YouTube akan selalu terjadi di masa mendatang, sejalan dengan semakin banyaknya orang mendapat mengakses Internet. Perlu diketahui juga, kepopuleran YouTube sedikit banyak terbantu oleh dukungan para kreator konten populer yang meng-upload (mengunggah) videonya di YouTube. 

Perilaku meng-consume media, baik melalui smartphone, PC, notebook, atau perangkat lainnya sudah 'mewabah' ke hampir semua netizen. Lalu, berapa jam waktu yang Anda habiskan untuk menonton YouTube dalam sehari? 
 

Tags: , , , ,


COMMENTS