July 27, 2017

Mundur dari Dewan Direksi HP Inc, Posisi Meg Whitman akan Digantikan Bos Jins Levi’s

Penulis: Iwan RS
Mundur dari Dewan Direksi HP Inc, Posisi Meg Whitman akan Digantikan Bos Jins Levi’s  

MOBITEKNO – Melalui pengumuman resmi HP kemarin (26/7/2017), posisi Meg Whitman sebagai CEO HP Inc. akan segera digantikan oleh Chip Bergh, CEO dari perusahaan jin legendaris, Levi Strauss & Co.

Sejak HP dipecah menjadi dua perusahaan independen, HP Inc dan Hewlett Packard Enterprise (HPE) sejak 2015 lalu, Whitman diberi kepercayaan menjabat sebagai Presiden dan CEO HPE sekaligus duduk sebagai dewan direksi (Chairwoman) HP Inc.

Seperti diketahui HP Inc. berfokus pada bisnis PC dan printer, sedangkan HPE menjual perangkat data center dan software pendukungnya. Selama kuartal terakhirnya di HP Inc, Whitman sukses mendongkak total penjualan produk PC HP hingga berada di pncak menggeser Lenovo (sumber Gartner dan IDC).

Meski nantinya tidak lagi di HP Inc, Whitman masih akan menjadi orang nomor satu di HPE. Sebelum dipecah menjadi dua perusahaan pada 2015 lalu, Whitman sudah menjabat sebagai CEO HP sejak 2011.

Setelah pengumuman ini, nilai saham HP sudah turun hingga 30 persen, terhitung sejak HP Inc berpisah dari HPE. Adapun saham HPE justru meningkat 20 persen. Pasar PC yang belum menggembirakan dan makin 'bersinarnya' pasar data center menjadi dua faktor yang mempengaruhi kedua hal tersebut.

Sebelum mundur dari HP Inc. wanita bernama lengkap Margaret Cushing Whitman ini sempat dilaporkan Bloomberg News dan Recode menjadi salah satu kandidat kuat mengisi posisi CEO di perusahaan ride-sharing Uber setelah Travis Kalanick mundur. Namun, kabar ini direspons pihak HPE dengan menyatakan bahwa Whitman berkomitmen penuh dan akan terus berada di HPE hingga tugasnya dianggap selesai.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS