April 26, 2017

ZTE Boyong Teknologi Terbarunya dari MWC Barcelona 2017 ke Jakarta

Penulis: Eko Lannueardy
ZTE Boyong Teknologi Terbarunya dari MWC Barcelona 2017 ke Jakarta  

MOBITEKNO – ZTE kembali memperkenalkan teknologi terbarunya di Indonesia melalui ZTE Leading 5G Innovations Tour 2017. Sebagai perusahaan pemegang hak paten telekomunikasi terbanyak (4.123 patents) selama tahun 2016, ZTE menggelar tour ke beberapa negara, seperti Malaysia, Australia, dan Jepang.

Dalam tour ini, ZTE kembali unjuk gigi dengan memperkenalkan produk teknologi terbaru yang mereka kembangkan, terutama di bidang 5G, TDD & FDD Massive MIMO, Network 2020, dan Big Video. Pada pekan kemarin sejumlah produk terbaru yang diperkenalkan oleh ZTE pada gelaran Mobile World Congress 2017 lalu di Barcelona diboyong ke Jakarta.

Menurut Francis Zhu, Director of Strategic Marketing ZTE Corporation, Pre5G telah dikenal secara luas dan telah digunakan oleh banyak operator telekomunikasi di dunia. Pada tahun 2016, ZTE telah bekerja sama dengan China Mobile dalam menggunakan pre-commercially Pre5G Massive MIMO pada 90% provinsi di Tiongkok.

Sedangkan di bulan September 2016 lalu, Pre5G Massive MIMO juga telah dioperasikan secara komersial oleh operator telekomunikasi Jepang, Softbank. Ini menjadi yang pertama di dunia, di mana Massive MIMO dijalankan secara komersial. Solusi ZTE Pre5G memang didisain untuk dapat ditingkatkan (di-upgrade) dengan mudah ke 5G di masa depan.

Pada gelaran Mobile World Congress 2017 lalu di Barcelona, ZTE juga turut memamerkan solusi IoT terbaru yang dikembangkan berbasis Narrowband-IoT (NB-IoT). Tak hanya itu, ZTE pada ajang pameran teknologi mobile tahunan tersebut juga mendemonstrasikan Smart Parking, Metering, Lighting dan  Water Pollution Control.

"ZTE menjadi pelopor inovasi di bidang network virtualization dan teknologi cloud network architecture yang  membantu para opertor dalam meningkatkan infrastruktur jaringan mereka, fungsi dan operasi dari jaringan operator," ujar Tu Jiashun, VP of ZTE Core Network Product Line.

Ditambahkan oleh Tu Jiashun, inovasi yang dihadirkan oleh ZTE juga menjadi faktor kunci bagi transformasi digital untuk operator telekomunikasi dan enterprise (kalangan bisnis). ZTE's NETWORK 2020 dan solusi ElasticNet solutions menerapkan teknologi SDN and NFV di virtual data centers, bearer networks, wireless core networks and orchestration.

Dalam acara ZTE Leading 5G Innovations Tour 2017 yang berlangsung di Jakarta ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Telkom dengan ZTE mengenai Joint Innovation Center. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Bai Jie, Marketing Director ZTE Indonesia dan Telkom yang diwakili oleh Komang Budi Aryasa, Deputy EGM Research & Big Data.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS