April 26, 2017

Berbelanja dengan Uang Cash? Tidak Perlu Lagi Jika Anda Menggunakan Dimo Pay

Penulis: Desmal Andi
Berbelanja dengan Uang Cash? Tidak Perlu Lagi Jika Anda Menggunakan Dimo Pay  

MOBITEKNO – Berbelanja merupakan salah satu kebutuhan masyarakat di Indonesia. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga perlengkapan untuk gaya hidup lifestyle menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan banyak orang. Apalagi dengan bertumbuhnya sistem belanja online, proses belanja semakin mudah dilakukan. Hal ini pun turut menimbulkan inovasi dalam hal cara pembayaran. 

Kebutuhan belanja di setiap individu di dunia turut mengembangkan teknologi financial. Kini, berbagai opsi pembayaran menjadi lebih mudah guna membantu proses transaksi yang cepat. Sejak lama, teknologi transaksi non cash terus dikembangkan untuk keudahan berbelanja. Kini, teknologi tersebut pun merambah pada smartphone dengan memanfaatkan QR Code. 

Teknologi inilah yang mendasari DIMO Pay Indonesia untuk menghadirkan solusi pembayaran non cash di Indonesia melalui sistem PayByQR. Semakin populernya produk smartphone juga turut berperan serta dalam pengembangan model transaksi PayByQR. 

“Kini,  banyak orang lebih peduli terhadap smartphonenya dibandingkan dompet. Jadi, mereka lebih khawatir tertinggal smartphone daripada dompet sat melakukan aktivitas sehari-hari,” ujar Nurfadilah, VP Marketing DIMO Pay Indonesia, saat acara “One Day Without Cash” bersama para awak media di Grand Indonesia, Jakarta, minggu lalu. “Situasi seperti inilah yang membuat DIMO menghadirkan solusi pembayaran melalui perangkat smartphone, dengan hanya memindai QR Code dari para merchant,” tambah Nurfadila. 

""

Nurfadila, VP Marketing DIMO Pay Indonesia

Hal senada juga diungkapkan Brata Rafly selaku CEO DIMO Pay Indonesia. “DIMO merupakan sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang Fintech Mobile Payment. Kehadirannya ingin membantu masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi pembayaran dengan lebih mudah,” ujar Brata. “DIMO hadir juga karena aktivitas mobile payment kurang berjalan dengan baik di Indonesia, berbeda dengan beberapa negara tetangga yang aktivitas mobile paymentnya cukup tinggi. Padahal jumlah pengguna smartphone sudah sangat banyak. Salah satu yang masalahnya adalah masih banyak yang melakukan model mobile payment secara eksklusif, yaitu hanya melalui bank-bank saja,” tambah Brata di kantor DIMO Pay Indonesia.

Dengan model mobile payment eksklusif seperti itu, DIMO melakukan inovasi mobile payment melalui cara yang berbeda. Tidak berjalan ekslusif seperti yang dimiliki bank, DIMO justru melakukan kerjasama dengan banyak merchant dan bank. DIMO Pay Indonesia menyediakan sistemnya, sementara merchant dan bank menyedakan aplikasi e-walletnya. 
Sejak berdiri dari Desember 2014, DIMO sudah bermitra dengan ribuan merchant dan 11 mobile wallet yang telah menerima pembayaran menggunakan teknologi PayByQR, seperti Uangku, Doku, UnikQu, dan beberapa aplikasi mobile wallet lainna. DIMO juga menyediakan produk-produk pilihan untuk mendukung berbagai elemen UKM hingga end user seperti PayByR, Pay in App, QR Store, dan QR Cashier. 

""

Brata Raflly, CEO DIMO Pay Indonesia

Dalam acara “One Day Without Cash”, DIMO menunjukkan sekaligus memberi kesempatan kepada media untuk mencoba langsung teknologi ini melalui perangkat smartphone masing-masing. DIMO mengajak para media untuk bertransaksi langsung dengan smartphone, mulai dari toko buku hingga rumah makan. Memang, kemudahan terlihat jelas saat melakukan pembayaran. Pembeli tidak perlu mengeluarkan kartu atau uang saat di depan kasir. Cukup dengan smartphone, mereka bisa memindai QR Code dan proses pembayaran bisa dilangsungkan dengan lebih cepat. Pembeli pun tidak perlu menyimpan berbagai kartu pembayaran di dalam dompetnya karena semua nilai uang tersimpan dalam aplikasi di smartphone. 

Proses pembayaran seperti ini sebenarnya memiliki kelebihan dibandingkan dengan e-money card. Salah satunya adalah, jika perangkat smartphone hilang, saldo tetap terjaga. Pengguna tinggal menginstall aplikasi mobile wallet pilihannya dan login kembali. Tidak hanya di pusat-pusat perbelanjaan besar, dalam menyebarkan kampanya non cash, DIMO bahkan mengajak pedagang-pedagang kecil dan kaki lima untuk menggunakan teknologi ini. 

""

Tidak hanya untuk pedagang besar, ttapi juga pedagang kecil.

Tags: , , , , ,


COMMENTS