August 25, 2017

Layanan 4G LTE XL Sambangi Nanggroe Aceh Darussalam

Penulis: Eko Lannueardy
Layanan 4G LTE XL Sambangi Nanggroe Aceh Darussalam  

MOBITEKNO – XL terus memperluas jangkauan layanan 4G LTE ke berbagai penjuru Indonesia. Sejak Mei 2017, masyarakat provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) bisa menikmati jaringan internet cepat tersebut di beberapa kota/kabupaten. Hingga akhir tahun, XL mentargetkan layanan 4G LTE akan mampu masuk ke semua kabupaten/kota yang ada di NAD, termasuk di pulau-pulau terluar, yaitu Sabang dan Semeulue. 

Seperti diungkapkan oleh Direktur/Chief Service Management XL Axiata, Yessie D. Yosetya bahwa tahun ini XL memang agresif terus memperluas jaringan 4G LTE ke berbagai daerah di Tanah Air. Seperti yang bisa kita lihat bersama, area yang telah dijangkau oleh XL tak hanya sebatas kota-kota besar, namun juga kota/kabupetan yang masuk kategori pelosok. 

"Untuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, kami juga masih terus memperluas layanan 4G LTE hingga ke daerah-daerah pelosok seperti sepanjang Pantai Barat, Aceh Tengah dan Tenggara, hingga Singkil, bahkan juga Pulau Semeulue. Hal ini kami lakukan sebagai wujud komitmen XL untuk mendukung pemerintah menyediakan internet cepat di wilayah perbatasan," ujar Yessie.

Ditambahkan oleh Yessie, seperti beberapa area lain di Sumatera, permintaan masyarakat Aceh atas layanan data berkualitas juga meningkat pesat. Tercatat, pertumbuhan trafik layanan data yang meningkat lebih dari 238% dalam setahun terakhir. Kenaikan tersebut merata di semua area di Provinsi NAD.

Sementara itu, pelanggan XL yang telah menggunakann perangkat atau smartphone 4G mencapai lebih dari 16% dari total pelanggan di NAD sekitar 798 ribu. Total BTS 4G yang sudah beroperasi ada lebih dari 60 unit. Kota Banda Aceh sebagai pusat pemerintahan, perekonomian, pendidikan, dan pintu gerbang utama NAD menjadi area dengan jumlah BTS 4G terbanyak, tidak kurang dari 33 unit.

"Dengan menyediakan layanan 4G LTE, kami berharap masyarakat setempat bisa lebih banyak mendapatkan manfaat, termasuk menjadikannya sebagai sarana meningkatkan produktivitas. Apalagi masyarakat Aceh dikenal sangat dinamis dan selalu update dengan perkembangan trend digital terbaru," ucap Yessie.

Hingga Agustus 2017 ini sebanyak 336 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE yang dikembangkan oleh XL, termasuk di antaranya puluhan kota di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Khusus untuk wilayah Sumatera, sebanyak 102 kota/kabupaten telah terlayani 4G LTE dari XL.

Sebagai hasil perluasan dan peningkatan kualitas layanan data tersebut, per akhir Juni 2017, secara nasional tercatat peningkatan trafik layanan data hampir 3x lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Khusus untuk trafik layanan 4G, tercatat peningkatan hingga 13x lipat.

Jumlah pelanggan layanan data secara umum juga terus meningkat, saat ini mencapai sekitar 70% dari total pelanggan. Hingga akhir Juni 2017, jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone juga terus meningkat, yakni sekitar 67% dari total pelanggan. Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai sekitar 20 juta pelanggan.
 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS