April 25, 2017

Dengan Travis, Kendala Bahasa Harusnya Bukan Lagi Masalah Bagi Umat Manusia

Penulis: Iwan RS
Dengan Travis, Kendala Bahasa Harusnya Bukan Lagi Masalah Bagi Umat Manusia  

MOBITEKNO – Salah satu kendala bagi para pelancong (turis) saat berlibur ke suatu negara adalah kendala bahasa saat berkomunikasi dengan warga setempat. Terlebih jika bahasa yang dipahaminya bukan bahasa Inggris.

Produk bernama Travis berikut ini punya misi untuk mengatasi kendala bahasa tersebut. Produk portabel yang bisa disimpan di kantong ini diklaim dapat membuat pemakainya berkomunikasi dengan siapa saja yang ditemuinya selama berada di berbagai negara di dunia.

Travis yang terlihat seperti remote control sanggup menerjemahkan 80 bahasa secara real time saat terhubung ke Internet (online) atau 20 bahasa saat berada dalam mode offline. Mode offline terutama berguna jika si pelancong sedang berlibur di lokasi yang koneksi jaringan Internetnya lambat atau tidak tersedia. 

""

Travis menyediakan layar sentuh yang didukung oleh prosesor quad-core, koneksi Bluetooth, WiFi, dan slot SIM card. Pembuatnya mengklaim baterainya bisa bertahan selama 6 jam untuk mode online dan 12 jam untuk mode offline. Travis bahkan bisa bertahan selama satu minggu jika tidak digunakan atau berada dalam mode standby.

Bagaimana mekanisme Travis melakukan proses penerjemahan belum dijelaskan oleh pengembangnya lebih deatil. Menurut mereka, Travis didukung oleh sistem AI (Artificial Intelligence) yang mengintegrasikan “aplikasi terbaik untuk setiap bahasa”. Jadi, sistem secara otomatis akan memilih aplikasi yang paling cocok untuk setiap percakapan yang berlangsung.

Travis bukan produk pertama di pasar yang menawarkan solusi penerjemahan secara langsung (real time). Sebelumnya, ada ‘ili’ dan earphone Waverly Labs yang juga menyediakan fungsi penerjemahan real time.

Baca juga: “Dengan Earphone Penerjemah Ini, Anda Bisa Ngobrol dengan Siapa Saja Tanpa Kendala Bahasa

Belum lama ini Travis telah lolos dari crowdfunding (pendanaan bersama atau urun dana) di IndieGoGo dan mulai didistribusikan pada Juli nanti. Harga pre-order-nya US$139 dan harga retail dipatok US$199.

Tags: , , , ,


COMMENTS