June 24, 2017

Ini Cara Google untuk Permudah Kreator Video VR di YouTube

Penulis: Redaksi Mobitekno
Ini Cara Google untuk Permudah Kreator Video VR di YouTube  

MOBITEKNO – Untuk membuat sebuah video berbasis virtual reality (VR) id YouTube, biasanya kreator konten akan menggunakan kamera 360 derajat, namun kamera tersebut tidaklah murah. Untuk menjawab masalah tersebut, Google pun tengah menyiapkan sebuah ekosistem baru.

Google dilaporkan sedang mengerjakan sebuah format baru untuk video yang berbasis VR bernama VR180. Sesuai dengan namanya, format tersebut bakal digunakan untuk bisa menciptakan video VR dengan sudut pandang 180 derajat.

Dikarenakan format video yang tak sampai 360 derajat, pembuat video dijanjikan bakal bisa membuat konten tanpa harus menggunakan kamera berbasis 360 derajat sehingga, biaya yang dikeluarkan untuk pembelian kamera pun bisa diminimalkan.

Untuk mendukung format VR180, Google juga akan mengerahkan tim yang bekerja di divisi Daydream untuk menciptakan ekosistem pendukungnya. Nantinya, mereka pun bakal bekerja sama dengan sejumlah produsen gadget, seperti Xiaomi, Lenovo, LG, dan lainnya guna menciptakan kamera yang sudah tersertifikasi standar VR180.

Agar video berbasis VR180 bisa diedit, ke depannya sejumlah software pengedit video juga kabarnya akan mendukung format tersebut, salah satunya adalah Adobe Premier Pro. Sementara yang lainnya menyusul di kemudian hari.

Belum diketahui kapan Google akan siap untuk mulai menerapkan format VR180 pada YouTube. Namun yang pasti, pekerjaan mereka masih cukup banyak mengingat belum adanya ekosistem yang mendukung platform buatannya itu.

Tags: , , ,


COMMENTS