July 23, 2017

Hadir di Pameran IoT di Jakarta, Edimax Akan Perkenalkan Airbox

Penulis: Eko Lannueardy
Hadir di Pameran IoT di Jakarta, Edimax Akan Perkenalkan Airbox  

MOBITEKNO – Apakah Anda tahu apa yang Anda hirup? Masalah polusi udara di sejumlah kota di banyak negara semakin memburuk, tak terkecuali di Jakarta. Munculnya polusi udara yang buruk disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari asap pabrik yang tidak terkontrol hingga asap kendaraan yang hilir mudik di jalanan.

Bahkan badan kesehatan dunia, WHO belum lama ini memperkirakan jumlah korban tewas akibat polusi udara yang buruk mencapi sekitar 7 juta orang. Tentu saja, angka tersebut diperkirakan akan meningkat. Seharusnya, kadar tingkat partikel PM2.5 yang direkomendasikan rata-rata sekitar 10 μg/m3.

Namun, beberapa negara berkembangkan mengabaikan hal itu dan sering kali melebihi 30 hingga 40 μg/m3 dan peningkatannya mencapai 5 μg/m3. Hal ini tentu saja bisa berdampak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 5 persen. Bahka, WHO lebih tegas menyebutkan bahwa polusi udara adalah satu-satunya risiko kesehatan lingkungan terbesar di dunia.

Terkait dengan hal itu, Edimax Technology telah merilis sebuah perangkat yang dinamakan Airbox. Tak hanya dirilis dan diaplikasikan di Taiwan, Airbox juga sudah banyak terpasang di beberapa kota di Korea Selatan. Lalu, seperti apa daya tarik perangkat cerdas ini untuk lingkungan?

Airbox diklaim oleh Edimax Technology mampu mengidentifikasi partikel atau zat-zat berbahaya, termasuk PM2.5. Bisa dikatakan, Airbox merupakan sensor udara berbasis IoT yang cerdas untuk menginformasikan penyebaran data berskala besar dan perangkat pertama yang memberikan akses publik ke data real-time melalui aplikasi EdiGreen.

Anda penasaran dengan bagaimana cara kerja Airbox hingga mampu mengumpulkan data pemantauan kualitas udara dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh banyak institusi, seperti lembaga kesehatan masyarakat? Tak perlu bingung! Anda bisa datang ke acara Asia IoT Business Platform.

Ya! Dalam rangka kemitraannya dengan TAITRA, Edimax Technology akan ikut berpartisipasi dalam acara yang digelar selama dua hari (7 & 8 Agustus 2017) tersebut di Hotel JW Mariot, Jakarta. Lebih jauh, Edimax Technology akan memperkenalkan Airbox kepada semua pengunjung pameran.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS