July 22, 2017

Apple akan Gunakan Baterai Buatan LG untuk iPhone 9

Penulis: Iwan RS
Apple akan Gunakan Baterai Buatan LG untuk iPhone 9  

MOBITEKNO – Selain Samsung, Korea Selatan juga memiliki produsen baterai kelas dunia lainnya, yaitu LG (LG Chem atau LG Chemical). Kualitas baterai LG ini pun diakui Apple yang berniat memilih LG sebagai pemasok tunggal baterai untuk smartphone Apple mendatang di tahun 2018.

Kabar mengenai dipilihnya baterai buatan LG Chem untuk smartphone Apple yang dirilis tahun depan ini pertama kalinya dihembuskan oleh harian lokal The Korea Economic Daily. Ini berarti, jika tidak ada anomali nomenklatur produk, baterai LG akan digunakan Apple pada iPhone 9. 

Pasokan tunggal baterai (hanya dari LG) merupakan hal baru bagi Apple. Selama ini, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California tersebut lebih dikenal dengan strategi 'multi-vendor' dalam pasokan komponen.

Hingga kini, Apple mengandalkan pasokan baterai untuk produknya dari berbagai vendor baterai, seperti ATL (Cina), Murata Manufacturing (Jepang), Samsung SDI (Korea), dan LG Chem (Korea).

Tidak ada asap kalau tidak ada api. Menurut The Korea Economic Daily, isu pesanan baterai LG dari Apple tercium karean kabar adanya rencana peningkaan investasi dan produksi yang signifikan di tahu 2018 nanti.

Menurut sumber di bidang industri kimia yang tepercaya, baterai iPhone 9 ini akan memiliki bentuk menekuk di bagian bawahnya. Inilah yang menjadi alasan penamannya menjadi baterai 'L-shaped'.

Baterai L-shaped yang mengusung dua cell diprediksi juga digunakan pada iPhone 8 yang akan dirilis tahun ini. Selain desain baru, baterai ini diharapkan juga mendukung teknologi fast chaging yang lebih optimal.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS