February 22, 2017

Tidak Ingin Jadi Limbah Elektronik, Samsung akan Jual Galaxy Note 7 Refurbished

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tidak Ingin Jadi Limbah Elektronik, Samsung akan Jual Galaxy Note 7 Refurbished  

MOBITEKNO – Galaxy Note 7 sudah ditarik kembali oleh Samsung. Namun, mungkin Anda bertanya akan diapakan selanjutnya semua unitnya tersebut? Apakah akan dihancurkan atau malah dijual kembali?

Setelah penyebab insiden terbakarnya baterai phablet flaghsip sudah diumumkan Samsung, tahapan selanjutnya yang dilakukan produsen asal Korea Selatan adalah mengantisipasi agar inisden tersebut tidak akan terulang kembali dan meminimalkan kerugian akibat insiden tersebut.

Salah satu solusi yang sangat mungkin dilakukan Samsung untuk mengurangi dampak kerugian atas insiden tersebut adalah dengan melakukan penjualan kembali Galaxy Note 7 di pasaran setelah dilakukan rekondisi atau lazimnya disebut produk refurbished.

Menurut media lokal Korea Selatan, Han Kyung, Galaxy Note 7 sedang bersiap-siap untuk comeback ke pasar meski sudah pernah dicap tahun lalu sebagai smartphone yang tidak aman digunakan konsumen. Menurut laporan, Samsung akan melakukan proses refurbish Galaxy Note 7 yang di-recall dalam jumlah yang belum diketahui pasti untuk dijual kembali ke pasar.

Meski belum diketahui pasti, Samsung dikabarkan akan mengganti baterai 3.500 mAh yang bermasalah pada Note 7 dengan baterai baru yang lebihh aman dengan kapasitas 3.200 mAh.

Selain untuk mengurangi dampak kerugian atas recall produk besar-besar tersebut, penjualan kembali Galaxy Note 7 refurbished juga ditempuh Samsung agar terhindar dari pelanggaran terhadap aturan Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan yang berkaitan dengan dampak sampah industri terhdap kelesatarian lingkunga.

Seperti diketahui, jumlah produk recall Galaxy Note yang berkisar 2,5 juta unit bukanlah hal sepele jika dikaitkan dengan limbah industri. Sejauh ini diketahui, dari 2,5 juta yang ada, Samsung  sudah menggunakan 200 ribut unit Note 7 unit pengujian dan investigasi.

Menurut rencana, Galaxy Note 7 refurbished akan dijual ke pasar di negara berkembang, seperti India atau Vietnam. Apakah animo konsumen Indonesia juga akan tinggi terhadap produk Galaxy Note 7 refurbished ini? Kita umumnya pasti bisa mereka-reka jawabannya.
 

Tags: , , ,


COMMENTS