February 22, 2017

Ini Dia, Empat Solusi dari F5 untuk Lindungi Serangan di Berbagai Perusahaan

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia, Empat Solusi dari F5 untuk Lindungi Serangan di Berbagai Perusahaan  

MOBITEKNO – Semakin berkembangnya teknologi dalam lingkungan cloud, data center, dan berbagai layanan yang tidak harus disimpan sendiri, membuat faktor keamanan menjadi hal yang sangat penting. Saat ini saja, banya aplikasi yang menyediakan layanan bisnis untuk berbagai poin akses dan lokasi sehingga bisa diakses dari manapun. Layanan seperti ini, banyak yang menganggap bisa memunculkan risiko-risiko baru untuk berbagai tipe serangan.

Memang, teknologi web pun semakin berkembang. Hampir sebagian besar trafik wb atau aplikasi yang digunakan berbagai perusahaan sudah memiliki enkripsi. Namun, hal ini juga menimbulkan kesulitan saat aplikasi mengalami masalah. Cara tradisional tentu saja sudah tidak mampu menanganinya. Oleh sebab itu, perlindungan kepada para pelanggan dan data juga memerlukan pengetahuan mendalam, terutama dalam hal trafik aplikasi dan perilaku pengguna, informasi mengenai ancaman canggih, dan strategi untuk mengatasinya.

Melihat keadaan tersebut, F5 Networks pun menciptakan satu aplikasi yang cerdas dan mampu bekerja lebih cepat dalam mengamankan data dan berbagai kepentingan lainnhya dalam perusahaan, penyedia layanan, dan pemerintah. Aplikasi-aplikasi ini bisa menjadi solusi jika terjadi suatu masalah dalam perusahaan yang menyangkut masalah data, cloud, hingga data center. Ada empat solusi yang ditawarkan F5 ini, yaitu:

1. Perlindungan Khusus dengan Herculon

Herculon merupakan solusi yang menggabungkan kekuatan keamanan sendiri (standalone) dari F5 dengan hardware yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih sederhana. Dengan herculon, perilaku aplikasi dapat dipahami dan dikontrol sehingga berbagai tantangan industri yang sulit bisa diatasi secara langsung.

Saat ini, F5 memiliki dua varian Herculon yang bisa digunakan. Pertama adalah Herculon SSL Orchestrator yang memberikan wawasan lebih baik mengenai perbedaan pemahaman yang mungkin terjadi akibat meningkatnya penggunaan enkripsi untuk data aplikasi. Berikutnya adalah Herculon DdoS Hybrid Defender yang dapat memberikan pertahanan berlapis kepada pengguna dalam menghadapi serangan DdoS skala besar.

Produk ini dapat diimplementasikan dalam mode inline atau out-of-band, dan memberikan perlindungan yang komprehensif  dalam mengatasi DDoS melalui analitik perilaku, penanggulangan serangan dalam waktu kurang dari satu detik, dan kemampuan memahami serangan canggih yang membidik aplikasi.

2. Analisis dari F5 Labs

Untuk melengkapi produk dan layanannya, F5 telah membentuk tim yang beranggotakan para pakar dan peneliti diindustri keamanan untuk mengumpulkan data intelijen terkait ancaman global, menganalisis ancaman-ancaman aplikasi, dan mempublikasikan temuan-temuan terkait ancaman tersebut. Untuk lebih meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan konteks, F5 memadukan pengetahuan dari para pakarnya dengan data-data keamanan yang dikumpulkan secara independen untuk membuat panduan dan ulasan yang dapat ditindaklanjuti terkait serangan cyber dan tren-tren yang berkembang saat ini.

Dengan memfokuskan pada hal-hal tersebut, F5 menyediakan sebuah platform yang lebih mudah dipahami oleh perusahaan-perusahaan untuk membicarakan topik-topik keamanan yang mempengaruhi industri IT yang lebih luas. Platform ini juga secara khusus menampilkan perspektif dari Mike Convertino dari F5, serta CISO dan mitra industri lainnya.

3. Silverline WAF Express untuk Memberikan keamanan aplikasi berbasis Cloud.

Walaupun kemampuan Web Application Firewall (WAF) merupakan hal yang sangat penting bagi organisasi enterprise, tetepau saat ini industri masih tetap kekurangan para pakar di bidang tersebut untuk merintis menghadirkan, dan meningkatkan layanan perlindungan aplikasi secara efektif. Inilah yang membuat F5 menghadirkan solusi mandri yang sudah terkonfigurasi dengan memanfaatkan platform Silverline berbasis cloud.

Dengan cara ini, para pelanggan dapat memilih layanan WAF dengan cepat dan mudah untuk diterapkan sesuai kebutuhan.

4. Pemantauan ancaman tambahan untuk keamanan yang lebih baik

Selain solusi yang mudah diimplementasikan, F5 juga menambahkan layanan Security Incident Response Team (SIRT) yang menyediakan dukungan dan pemahaman tambahan jika terjadi masalah di seluruh siklus hidup produk keamanan tersebut. Layanan ini tersedia untuk semua pelanggan keamanan F5.

Layanan-layanan ini melengkapi portofolio solusi F5 dengan menambahkan pemantauan, analisis, laporan pasca insiden, serta praktik terbaik yang direkomendasikan agar dapat mengatasi kejahatan cyber secara lebih efektif, dan untuk membantu memastikan bahwa berbagai website, aplikasi, dan pengguna tetap aman dan terkoneksi.

 

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS