February 22, 2017

BSD City Sebagai Integrated Smart Digital City Semakin Terlihat

Penulis: Eko Lannueardy
BSD City Sebagai Integrated Smart Digital City Semakin Terlihat  

MOBITEKNO – Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja pada 16 Desember 2016 lalu telah merealisasikan pembangunan tol Serpong – Balaraja sepanjang 30 km. 

Proyek ini terealisasi atas penandatanganan perjanjian kredit sindikasi antara PT Trans Bumi Serbaraja yang merupakan konsorsium Sinar Mas Land, Kompas Gramedia, dan Astratel Nusantara, dengan Bank Mandiri, BNI, dan PT SMI. 

Menelan biaya senilai Rp 6,2 Triliun, proyek ini juga sedang mengerjakan jalan cut and fill untuk seksi 1A gate to gate dari The Green hingga AEON Mall BSD.

Sinar Mas Land sebagai pengelola BSD City juga sedang mempersiapkan berbagai fasilitas dan infrastruktur dalam merealisasikan rencana perusahaan, yaitu mentransformasi BSD City sebagai kota digital yang terintegrasi dan kota kreatif.

Ada beberapa aspek yang saat ini sedang dikembangkan untuk merealisasikan hal tersebut diantaranya infrastructure, city management, environment, public service, dan industry support.

Keunggulan dari BSD City sebagai ekosistem digital terbagi ke dalam 2 hal yaitu supporting infrastructures dan supporting environment and culture. 

Dalam supporting infrastructures, Sinar Mas Land akan menyediakan fasilitas digital terhadap kebutuhan masyarakat dalam hal logistic, toll road, transportation, water & electricity, fiber backbone, data center, big data, public WiFi, dan kebutuhan lainnya. 

Sedangkan yang terkait dengan supporting environment & cultures, Sinar Mas Land akan menyiapkan infrastruktur digital unggulan dalam bidang health care, marketing, retail & hospitality, greenery, government relation, convention center, serta surrounding neighborhood.

Tidak kalah penting, Sinar Mas Land juga akan menghadirkan Digital Hub di BSD City. Digital Hub hadir sebagai "rumah digital" bagi perusahaan teknologi & digital hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science.

Menelan biaya konstruksi hingga Rp 3 Triliun, rencananya, Digital Hub yang dibangun di atas kawasan seluas 25,86 Ha yang terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City ini akan memulai konstruksi pada kwartal kedua tahun 2017.

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land menegaskan bahwa realisasi BSD City sebagai Integrated Smart Digital City sudah semakin menunjukkan proses.

"Banyaknya fasilitas dan infrastruktur digital yang hadir di BSD City, serta persiapan pembangunan Digital Hub menandakan bahwa BSD City sebagai Integrated Smart Digital City sudah semakin terlihat," ungkap Dhony.

Ditambahkan oleh Dhony, kehadiran OneSmile Mobile Application sebagai penyedia informasi di seluruh BSD City serta OneSmartConnect sebagai penyedia free public WiFi dengan kecepatan hingga 1Gbps juga menunjukkan progres transformasi BSD City ke arah itu.

 

Tags: , , ,


COMMENTS