June 21, 2017

Tujuh Tahun Melayani Distribusi Aplikasi, Android Market Bakal Ditutup Akhir Juni Ini

Penulis: Iwan RS
Tujuh Tahun Melayani Distribusi Aplikasi, Android Market Bakal Ditutup Akhir Juni Ini  

MOBITEKNO – Melalui blog Android Developers, Google mengumumkan rencananya untuk mencabut dukungannya terhadap layanan distribusi aplikasi Android Market yang telah bergulir sekitar delapan tahun lalu.

Seperti diketahui, Android Market merupakan cikal bakal layanan distribusi digital alikasi untuk platform Android yang saat ini dikenal sebagai Google Play. Batas waktu ditutupnya Android Market yang selama ini digunakan untuk distribusi aplikasi bagi perangkat Android 2.1 Eclair atau sebelumnya juga sudah ditentukan, yaitu tanggal 30 Juni 2017.

Penutupan Android Market diprediksi tidak akan berdampak signifikan karena pengguna perangkat Android 2.1 Eclair sejauh ini berkisar kurang dari 0,1 persen dari seluruh ekosistem Android.

Penerus Android Market, yaitu Google Play Store sudah tersedia untuk sebagaian perangkat berbasis Android 2.2 Froyo atau lebih baru. Berdasarkan data distribusi Android hingga Juni 2017, versi Android yang paling dominan digunakan pengguna adalah Android 5.x Lollipop (30,8%) dan Android 6.0 Marshmallow (31,2%).
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS