March 21, 2017

Smartwatch Terjangkau ZTE Sebentar Lagi Hadir. Ini Buktinya!

Penulis: Iwan RS
Smartwatch Terjangkau ZTE Sebentar Lagi Hadir. Ini Buktinya!  

MOBITEKNO – Sejak diberitakan beberapa bulan sebelumnya, kini hampir dapat dipastikan jika ZTE Quartz akan menjadi produk smartwatch pertama dari perusahaan telekomunikasi dan smartphone asal Tiongkok tersebut.

Berdasarkan bocoran foto yang dilansir dari Android Police, dapat dikonfirmasi jika rumor yang menyatakan ZTE Quartz akan menggunakan sistem operasi (OS) Android Wear adalah benar.

Dari foto juga dapat disimpulkan smartwatch ini tidak mengutamakan desain memukau layaknya smartwatch premium. Indikasinya terlihat dari ukuran bezel dan dimensi smartwatch yang relatif tebal sehingga menonjol di pergelangan tangan.

""

Bisa dikatakan desain ZTE Quartz lebih mirip dengan smartwatch generasi pertama dari vendor lain (Sony, LG, Huawei) yang hadir dua atau tiga tahun lalu. Ini bisa dimaklumi mengingat ZTE mungkin menyasar samrtwatch Quartz di segmen pengguna awal atau menengah.

ZTE Quartz juga telah menyediakan charging cradle 4 pin seperti umumnya samrtwatch. Charger ini juga bisa mengindikasikan jika ZTE tidak atau belum menyertakan fasilitas wireless charging di dalam paketnya.

Foto bocoran juga menunjukkan ZTE jika Quartz berjalan pada Android Wear 2.0 terbaru yang berbasis Android Nougat 7.1.1. Meski diketahui smartwatch ini tidak menyertakan mekanisme bezel berputar (rotating crown) untuk navigasi menu. 

Posisinya sebagai smartwatch terjangkau juga dipertegas dari bocoran dokumen diketahui yang menyebutkan jika Quartz juga tidak mengusung sensor detak jantung (heart rate sensor), NFC, dan koneski 4G LTE. Tidak hadirnya NFC menunjukkan bahwa Quartz juga tidak dapat digunakan untuk melakukan pembayaran cashless Android Pay.

""

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS