March 21, 2017

Ini Bukti Google Assistant di Smartphone Masih Lebih Pintar dari Google Home

Penulis: Iwan RS
Ini Bukti Google Assistant di Smartphone Masih Lebih Pintar dari Google Home  

MOBITEKNO – Speaker pintar Google Home sudah tersedia November tahun lalu sejak diumumkan Google di ajang I/O 2016. Google Home dianggap sebagai produk alternatif speaker pintar lainnya yang telah lebih dulu hadir, yaitu Amazon Alexa.

Google Home diklaim banyak pihak punya kecerdasan lebih baik dibanding  produk sejenis lainnya karena sudah mengusung Google Assistant yang diperkuat dengan software machine learning AI yang teruji pada search engine.

Bagi orang awam, Google Home pada dasarnya adalah speaker yang terhubung ke Internet (via Wifi) yang dilengkapi dengan sejumlah mikrofon. Dengan demikian, pengguna (via voice command) dapat memberikan pertanyaan atau perintah langsung untuk direspons oleh asisten Google Assistant di dalamnya.

Namun, sejalan dengan waktu, beberapa pengguna mulai menemukan ketidaksempurnaan speaker Google Home tersebut bahkan untuk perintah yang realtif sederhana yang bisa dilakukan tanpa masalah oleh Google Assistant di smartphone.

Setelah kecolongan masalah promo iklan film 'Beauty and the Beast' minggu lalu, seorang jurnalis dari media Ars Technica, Ron Amadeo, meng-upload video di Twitter yang menunjukkan bagaimana speaker Google Home masih punya kelemahan mendasar dalam berinteraksi dengan manusia.

Pada video di Twitter tersebut, Ron menunjukkan bagaimana Google Home masih belum dapat mengatur permintaan sederhana dalam membuat jadwal (set a reminder) yang tergolong gampang dilakukan oleh Google Assistant di smartphone.

Perbedaan 'kecerdasan' asisten digital di speaker dan smartphone ini menunjukkan adanya masalah fragmentasi yang harus dibenahi oleh Google. Terlebih jika Google ingin speaker pintarnya tersebut laris di pasaran.

Hadirnya Google Assistant pada smartphone dengan Android 7.0 Nougat juga akan membuat calon pembeli pun akan berpikir ulang untuk membeli speaker pintar tersebut.

 

A re-review of Google Home, 7 months in. pic.twitter.com/N5bHZg2iTk

— Ron Amadeo (@RonAmadeo) March 20, 2017

Tags: , , , , ,


COMMENTS