February 21, 2017

Di Dunia Kerja, Generasi Mana yang Lebih Setia?

Penulis: Eko Lannueardy
Di Dunia Kerja, Generasi Mana yang Lebih Setia?  

MOBITEKNO – Dibedakan berdasarkan rentang tahun kelahiran, Gen X yang tengah mengisi dunia kerja saat ini adalah para karyawan yang berusia di atas 35 tahun. Sementara itu, Gen Y yang kini mendominasi dunia kerja adalah para karyawan berada di rentang usia 21 hingga 35 tahun.

Berbeda dengan Gen X yang bekerja untuk meraih kemapanan, dalam hal ekonomi dan karier, Gen Y yang besar bersama teknologi dikenal sebagai generasi yang haus akan tantangan baru, mudah penasaran, dinamis, dan bekerja untuk mengoptimalkan potensi mereka.

Hal itu pula yang menyebabkan karyawan dari Gen Y ini akrab dengan sebutan ‘kutu loncat’. Namun, apakah pandangan tersebut bisa dibenarkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Jobplanet (Jobplanet.com) telah mengadakan survei dan riset tentang tingkat kesetiaan karyawan dari kedua generasi tersebut terhadap pekerjaan mereka.

Riset dilakukan berdasarkan data yang terkumpul melalui Jobplanet.com sejak Agustus 2015 hingga Januari 2017. Dalam riset ini, Jobplanet mengelompokkan para responden berdasarkan generasi usia mereka, yakni karyawan Gen X dan karyawan Gen Y.

Total responden dari kedua generasi tersebut yang ikut serta dalam riset ini berjumlah 88.900 orang dan mereka semua tersebar di 35 provinsi di Indonesia.

Mayoritas responden, yakni sebanyak 81.800 orang, merupakan karyawan Gen Y yang memang mendominasi angkatan kerja pada saat ini. Sisanya sebanyak 7.100 orang masuk dalam kelompok karyawan Gen X.

Ada beberapa temuan menarik yang dihasilkan. Dibandingkan dengan Gen X, Gen Y memiliki tingkat kesetiaan yang lebih rendah terhadap pekerjaan mereka.

Tercatat, sebanyak 76,7% dari Gen Y hanya bertahan 1 hingga 2 tahun di tempat kerjanya sebelum memutuskan untuk berpindah kerja. Hanya 9,5% dari mereka yang bertahan bekerja di satu tempat selama lima tahun atau lebih.

Sebaliknya, Gen X memiliki tingkat kesetiaan yang jauh lebih tinggi terhadap pekerjaan mereka. Sebanyak 42,5% karyawan Gen X bertahan di tempat kerjanya hingga lebih dari lima tahun. Sementara itu, hanya 10% dari mereka yang berpindah kerja dalam waktu satu tahun.

Kebanyakan karyawan Gen Y hanya bertahan di tempat kerjanya selama 1 hingga 2 tahun. Kebanyakan dari mereka terutama karyawan yang berusia 21 hingga 25 tahun.

Karyawan di rentang usia ini bisa dikatakan belum lama memasuki dunia kerja. Dalam bekerja, mereka fokus memelajari hal-hal baru dan memperkaya pengalaman mereka. Mereka pun tak segan berpindah kerja ketika merasa sudah tak mendapatkan tantangan di tempat kerja mereka.

""

"Hasil riset Jobplanet ini mendukung pandangan masyarakat tentang kesetiaan karyawan dari Gen Y atau Generasi Milenial terhadap pekerjaan mereka," ucap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Bahkan, Kemas berani menegaskan bahwa generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, yakni Gen X yang sanggup bertahan di sebuah perusahaan hingga empat tahun bahkan lebih.

"Meski karyawan Milenial bisa dikatakan ‘kurang setia’, namun hal itu tak selalu berarti buruk. Sejatinya, mereka selalu ingin belajar dan haus akan tantangan," papar Kemas.

Pergantian generasi di dunia kerja juga ditandai dengan mulai masuknya Gen Z sebagai tenaga kerja. Sejalan dengan riset ini, Jobplanet juga melakukan survei tentang tingkat kesetiaan Gen Z terhadap pekerjaan mereka.

Sebanyak 4.550 orang karyawan berusia 18 hingga 20 tahun turut serta menjadi responden. Hasilnya, dibandingkan dengan Gen X dan Gen Y, karyawan Gen Z memiliki tingkat kesetiaan yang paling rendah terhadap pekerjaan mereka.

Sebanyak 57,3% dari total responden Gen Z berpindah kerja setelah satu tahun bekerja di suatu tempat. Kebanyakan dari Gen Z yang telah memasuki dunia kerja adalah lulusan SMU dan SMK, atau bekerja sambil kuliah.

Gen Z yang telah memasuki dunia kerja saat ini berprofesi sebagai pekerja kerah biru dan tak segan untuk sering berganti pekerjaan, bahkan lebih sering ketimbang Gen Y," pungkas Kemas.

Tags: , , , , ,


COMMENTS