August 20, 2017

C-HR dan Prius Gen-4 Dapat Perhatian Toyota Karena Sarat Teknologi Masa Depan

Penulis: Desmal Andi
C-HR dan Prius Gen-4 Dapat Perhatian Toyota Karena Sarat Teknologi Masa Depan  

MOBITEKNO – Di pameran GIIAS 2017, booth Toyota yang berada di Hall 10 memajang produk mobil hybrid dengan sarat teknologi di dalamnya, yaitu Toyota C-HR dan Toyota Prius. Bahkan, untuk Prius, pengunjung bisa menyaksikan versi yang sidah dibelah sehingga terlihat bagian-bagian penting yang menunjang kendaraan tersebut untuk beroperasi.  Kedua mobil yang dilahirkan dari platform Toyota New Global Architecture (TNGA) ini merupakan kendaraan yang didukung teknologi masa depan sehingga sangat ramah lingkungan dan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi.

Pengembangan kedua mobil ini terus dilakukan Toyota guna memenuhi tantangan masa depan untuk menurunkan emisi CO2. Toyota pun akhirnya menggunakan konsep TNGA yang membuat semua bagian kendaraan bisa mencapa tingkat penggunaan yang optimum melalui sasis yang kokoh, serta dapat memberikan pengalaman fun to drive.

“Melalui kehadiran C-HR dan Prius Gen 4 di GIIAS ini, kami ingin memberikan gambaran kepada masyarakat bagaimana Toyota mengembangkan kendaraan yang memenuhi aspek nyaman dikendarai dengan fitur keselamatan yang lengkap dan ramah lingkungan,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, pada media gathering Toyota Future Technology, di booth Toyota GIIAS 2017. “Dipadu dengan kehandalan teknologi Hybrid Synergy Drive  yang sudah teruji, C-HR Hybrid dan Prius Gen 4 adalah mobil yang siap menghadapi berbagai tantangan mobilitas masa depan, nyaman dikendarai, memiliki fitur keselamatan yang lengkap, serta rendah emisi CO2,” lanjut Soerjopranoto.

Toyota sendiri saat ini lebih memilih teknologi hybrid dalam pengembangan mobil ramah lingkungan, dibandingkan langsung ke mobil listrik. Bahkan, hingga awal tahun 2017, sudah lebih dari 35 varian mobil hybrid yang ditawarkan Toyota ke pasar otomotif dunia, termasuk 9 model dari brand Lexus. , Toyota membukukan total penjualan mobil Hybrid secara global lebih dari 10 juta unit, yang menjadikan Toyota penguasa pasar mobil hybrid di pentas global.

Toyota sudah mengembangkan teknoloi hybrid, Toyota Hybrid System (THS) I,  sejak 20 tahun lalu yang terus disempurnaan hingga saat ini. Sekarang, salah satu keunggulan hybrid dari Toyota adalah penggunaan Atkinson Cycle pada mesin yang dapat memberikan pembakaran lebih optimal.

Di Indonesia sendiri, Toyota C-HR banyak dipertanyakan kapan akan diboyong Toyota ke pasar otomotif lokal. Ternyata, tidak semudah yang dibayangkan banyak konsumen otomotif, Toyota menilai ada banyak faktor sampai kendaraan hybrid seperti C-HR dan Prius bisa dibawa ke Indonesia. Namun, Toyota menjanjikan akan membawanya segera, walaupun kemungkinan dengan harga jual yang cukup tinggi mengingat ada banyaknya teknologi yang dikandung pada mobil tersebut.

Tags: , , , , ,


COMMENTS