February 20, 2017

Lebih Hemat Konsumsi Baterai Huawei P9, Utak-atik Fitur Battery Manager

Penulis: Eko Lannueardy
Lebih Hemat Konsumsi Baterai Huawei P9, Utak-atik Fitur Battery Manager  

MOBITEKNO – Salah satu daya tarik banyak orang membeli smartphone adalah dukungan kapasitas baterai yang disematkan ke dalam perangkat tersebut. Apalagi, saat ini tak sedikit produsen smartphone yang memproduksi perangkatnya dengan dukungan kapasitas baterai besar sehingga masa pakainya mampu bertahan lebih lama.

Seperti kita ketahui bersama, saat ini ponsel pintar atau smartphone tak hanya digunakan untuk sekadar bercakap-cakap atau berkirim pesan. Lebih dari itu, smartphone digunakan untuk mendukung produktivitas penggunanya, seperti olah dokumen dan berselancar di dunia maya atau menjadi perangkat hiburan di perjalanan, seperti mendengarkan musik atau bermain game.

Jika smartphone yang Anda gunakan tidak memiliki kapasitas atau kinerja baterai yang optimal, tentu saja perangkat tersebut bisa mengecewakan Anda. Salah satu produsen smartphone yang ikut memikirkan hal itu adalah Huawei yang sukses memproduksi Huawei P9 dengan dukungan baterai Li-Ion berkapasitas 3.000 mAh.

Terkait dengan dukungan baterai yang disematkan, Huawei juga membekali P9 dengan fitur "Battery Manager" yang dapat Anda temukan lewat menu Setting – Advanced Setting. Tentu saja, fitur tersebut teramat menarik, terutama bagi mereka pengguna P9 yang menginginkan agar baterai yang terpasang memiliki kinerja yang optimal.

Masuk ke dalam fitur Battery Manager, pengguna bisa mendapatkan beberapa informasi terkait dengan kinerja baterai yang terpasang, seperti pemakaian baterai yang dikalkulasi dalam format persentase (%) serta perkiraan waktunya. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu konsumsi pemakaian baterai yang paling tinggi, baik software maupun software.

Tak hanya menyajikan beragam informasi, lewat Battery Manager Anda juga dapat melakukan serangkaian perencanaan untuk mengelola baterai agar mampu dipakai dalam waktu yang lebih panjang. Semuanya dapat Anda lakukan lewat Power Plan dan masuk lebih dalam, Anda akan menemukan tiga opsi yang dapat dipilih, yakni Performance, Smart dan Ultra.

Opsi Performance sangat direkomendasikan bagi Anda pengguna Huawei P9 yang sering memanfaatkan smartphone ini untuk bermain game atau menikmati video online atau streaming. Sedangkan opsi Smart direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari (daily use) dan Ultra dapat Anda manfaatkan ketika kondisi baterai sudah menipis.

Tak kalah menarik, fitur Battery Manager yang dimuat oleh Huawei ke dalam P9 juga menyertakan opsi ROG Power Saving. Opsi ini hadir untuk mengaktifkan atau menonaktifkan resolusi layar Huawei P9 menjadi HD (720 x 1280) sehingga Anda bisa benar-benar menghemat pemakaian baterai. Seperti kita ketahui bersama, P9 dikemas oleh Huawei dengan layar 5,2 inci yang memiliki resolusi Full HD.

Fitur Battery Manager juga menyertakan opsi Optimize yang dapat bekerja secara otomatis untuk mengoptimalisasi baterai yang terpasang. Anda pun dapat melakukan banyak hal secara manual untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa konfigurasi yang ada. Tentu saja, lewat opsi ini Anda akan lebih merasakan penghematan baterai yang terpasang pada Huawei P9.

(ADV)

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS