October 19, 2017

Nissan Ciptakan GT-R /C, Mobil Sport yang Dapat Dikendalikan via Joystick

Penulis: Eko Lannueardy
Nissan Ciptakan GT-R /C, Mobil Sport yang Dapat Dikendalikan via Joystick  

MOBITEKNO – Nissan telah menciptakan Nissan GT-R /C, mobil impian para gamer yang dapat dikendalikan melalui stik games. Nissan GT-R /C hadir juga bertujuan untuk merayakan peluncuran game Gran Turismo di Eropa pada tanggal 18 Oktober 2017 kemarin serta memnperingati 20 tahun keterlibatan Nissan dalam seri Gran Turismo.

Menariknya, mobil sport racikan Nissan tersebut dimodifikasi secara ekstensif agar dapat sepenuhnya dikendalikan melalui tombol atau joystick DualShock4. Kendaraan dengan kendali jarak jauh ini juga mampu mencapai kecepatan tinggi, yakni hingga 196 mph tanpa ada yang duduk dibelakang kemudi. 

Untuk membuktikan kemampuan serta kecepatannya, Nissan GT-R /C ini juga langsung diuji oleh Jann Mardenborough, pembalap NISMO. Diuji di sirkuit Silverstone, Inggris, Jann mengendalikan mobil sport tersebut dari kokpit helikopter Robinson R44 Raven II. Tercatat, Jann mampu mengendalikan mobil ini hingga kecepatan tertinggi, yakni mencapai 131 mph/211 kph.

GT-R /C dimodifikasi di Inggris oleh JLB Design Ltd., menggunakan mesin R35 542 bhp V62011. Mobil sport ini juga dilengkapi dengan empat robot yang mengendalikan kemusi, transmisi, rem, dan tuas gas. Enam komputer juga dipasang untuk memperbarui kendali hingga 100 kali per detik. Selain itu, posisi kemudi juga diukur menjadi 1/65.000 posisi.

Kendali DualShock4 terhubung dengan mikro komputer yang menerjemahkan sinyal dari tombol dan joystick untuk diteruskan ke sistem on-board GT-R/C. Operasi nirkabel ini memiliki jangkauan kendali utama hingga satu kilometer. Untuk membantu Jann menilai kecepatan kendaraan di tikungan, sensor Racelogic VBOX Motorsport dipasang untuk mengirimkan data kecepatan ke layar LCD di kokpit helikopter.

Nissan GT-R /C juga dilengkapi dengan dua sistem keselamatan independen yang beroperasi pada frekuensi radio yang berbeda. Hal ini memungkinkan adanya dua operator tambahan untuk melakukan pengereman ABS secara penuh dan mematikan mesin jika operator utama kehilangan kendali.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS