June 19, 2017

OLX Siapkan Fitur Baru Layanan Titip Jual

Penulis: Karyo
OLX Siapkan Fitur Baru Layanan Titip Jual  

MOBITEKNO – Keinginan untuk menjual barang-barang bekas rupanya semakin banyak diminati oleh banyak orang. Hal itu terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengakses platform jual beli barang secara online.

Meunurt data yang dirilis oleh OLX, salah satu platform iklan baris yang memfasilitasi proses jual-beli barang-barang bekas menunjukan kecenderungan yang selalu meningkat.  Sejak awal 2017, jumlah pengguna OLX terus meningkat. Saat ini terdapat 23 juta pengguna aktif setiap bulannya, dengan peningkatan sebesar 15% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan ini didominasi oleh pengguna yang mengakses OLX melalui aplikasi Android dengan jumlah mencapai 1,1 juta pengguna setiap hari.

Bahkan  menurut data tersebut, jumlah pengguna perempuan adan anak muda semakin meningkat. Tren peningkatan jumlah pengguna dan pencari barang barang bekas tersebut ditunjukan pula oleh trend  pencarian motor Honda, handphone Samsung dan iPhone menjadi barang-barang yang paling banyak dicari oleh pengguna, di platform OLX. Bahkan, kata kunci Honda muncul sebanyak 5,5 juta kali sepanjang 27 Mei – 13 Juni 2017. Sementara, Samsung muncul sebanyak 3,5 juta kali dan iPhone sebanyak 3 juta kali, pada periode yang sama.

Pencapaian positif tersebut didukung oleh semakin populernya barang bekas sebagai alternatif pilihan oleh masyarakat. OLX yang sejak awal konsisten mendorong adanya transaksi barang bekas, melihat hal ini sebagai sebuah kemajuan. Masyarakat semakin berpikiran terbuka dan mampu melihat nilai positif dan ekonomis dari barang bekas. Lebih lanjut, dikatakan  bahwa  jual-beli barang bekas juga dapat memberikan dampak positif dari segi lingkungan.

Atas dasar itulah OLX, sebagai platform pencarian barang-barang bekas tertarik untuk lebih banyak memberikan layanan alternatif bagi masyarakat. Salah satunya adalah layanan Titip jual. “ Layanan ini ditujukan untuk memfasilitasi bagi masyarakat yang ingin menjual barang-barangnya namun tidak banyak mempunyai waktu untuk melakukan proses julanya,” ujar Chief Marketing Officer (CMO) OLX Indonesia ,Edward Kilian atau yang biasa dispa Kiki saat memaparkan trend terbaru OLX saat ini, di Jakarta, Jumat ( 16/06/2017).

Meski belum dilounching secara resmi menurut Kiki, layanan ini telah mendapat sambutan positif dari masyarakat. “ Kami telah melakukan layanan ini dengan menggunakan fasilitas full servis,” tambah Kiki.

Dalam uji coba layanan tersebut, menurut Kiki, yang pertama menggunakan layanan tersebut adalah para kalangan selebritis. Setidaknya menurut Kiki, OLX telah berhasil menjual barang-barang tersebut sebanyak 60 % lebih. Bahkan menurut Kiki, pihaknya masih merasa kuawalahan memberilan pelayanan tersebut, karena jumlah barangnya termasuk sangat banyak. Untuk menudukung layanan tersebut lanjut Kiki, OLX telah menyiapkan 16 agen yang siap membantu untuk proses pengambilan  barang  dengan menggandeng mitra bisnisnya, Raja Jual. Saat ini bahkan menurut Kiki, ada 200 klien yang ingin barang-barang dijual di OLX dengan menggunakan fasilitas layanan baru Titip Jual.

 “Lewat berbagai inisiatif yang telah dijalankan ini, OLX berharap pengguna maupun masyarakat secara umum tidak hanya melihat jual-beli barang bekas sebagai sebuah transaksi yang menghasilkan uang belaka, namun juga sebuah transaksi atau pertukaran yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain,” tutupnya.

Tags: , ,


COMMENTS