May 19, 2017

Sambut Ramadhan 2017, Advan G1 Sajikan Enam Fitur Panduan Muslim

Penulis: Desmal Andi
Sambut Ramadhan 2017, Advan G1 Sajikan Enam Fitur Panduan Muslim  

MOBITEKNO – Bulan suci Ramadhan tinggal menunggu hari. Advan G1 sebagai salah satu smartphone yang banyak digunakan masyarakat Indonesia pun memperkenalkan fitur-fitur yang bisa digunakan umat muslim Indonesia selama bulan Ramadhan ini, yaitu Panduan Muslim.

Berbeda dengan aplikasi islami lainnya yang harus meng-install terlebih dahulu dari Playstore, fitur Panduan Muslim ini dikembangkkan Advan G1 sudah menyatu dengan sistem operasi IDOS 6.1.2 atau yang lebih baru. Dengan demikian, pengguna bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut dari Home Screen.

“Dengan berbagai aplikasi Islami yang bisa diunduh, smartphone pun bisa menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Hal ini juga yang mendasari kami untuk mengembangkan aplikasi Panduan Muslim pada Advan G1 agar umat Islam di Indonesia semakin mudah dalam beribadah dengan memanfaatkan smartphone,” kata Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan. “Dalam mengembangkan IDOS dan Advan G1, kami benar-benar merancang khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah fitur Panduan Muslim yang menampilkan AlQuran, Asmaul Husna, Petunjuk arah kiblat, jadwal sholat, kalender muslim, restoran halal. Fitur inipun terus kami kembangkan agar lebih kaya dan memberi manfaat kebaikan untuk umat Islam di Indonesia,” tambah Tjandra.

Untuk fitur Panduan Muslim ini, ada enam fitur yang bisa menjadi teman setia dalam menjalankan ibadah Ramadhan. Enam fitur tersebut adalah:

1. Al-Qur’an

Aplikasi wajib bagi yang ingin membaca Al-Qur’an secara digital di mana saja dan kapan saja. Pengguna tinggal memilih menu Al-Qur’an dan memilih 114 surat yang tersedia, lengkap dengan terjemahannya yang bisa diunduh. Di sini, Anda juga bisa mendengarkan audionya dengan pilihan murottal yang lengkap dari pembaca Qur’an (qari) terkemuka. Tak hanya itu saja, Anda bisa menandai ayat-ayat favorit dengan mem-bookmark dan mengetahui posisi terakhir dibaca. Anda juga bisa copy ayat serta share ke media sosial.

2. Arah Kiblat

Anda sedang berada di suatu tempat asing dan ingin sholat, namun tidak mengetahui arah kiblat. Kejadian seperti ini seringkali dialami oleh umat muslim yang sedang bepergian. Fitur Arah Kiblat ini menjadi solusi yang mempermudah untuk mengetahui arah kiblat dengan cepat. Agar hasil lebih akurat, pastikan handphone dalam posisi terlentang sejajar dan menjauhkan dari benda logam atau magnet yang dapat mengganggu pendeteksian arah.

3. Sholat

Sholat lima waktu adalah kewajiban setiap umat Islam yang tidak bisa ditinggalkan. Dengan fitur Jadwal Sholat ini, berguna mengingatkan pengguna pada saat tiba waktunya sholat. Aplikasi inipun sudah disesuaikan dengan tempat pengguna berada berdasarkan informasi GPS. Sehingga dimanapun berada, akan mendapatkan jadwal sholat yang sesuai.

4. Lokasi Terdekat

Fitur ini menampilkan point of interest (POI) untuk mencari lokasi terdekat sesuai kebutuhan umat Islam. Secara default, yang ditampilkan adalah masjid terdekat dengan lokasi pengguna. Selain itu, bisa memilih opsi restoran halal dan toko terdekat dengan memilih menu di kanan atas. Setelah lokasi tertentu sudah dipilih, maka secara otomatis akan membuka aplikasi Google Maps dan mengarahkan rute ke lokasi tersebut.

5. Kalender

Fitur ini menampilkan kalender hijriah dengan menampilkan hari peringatan umat Islam. Tampilan utamanya memang menampilkan kalender umum (masehi), namun kita bisa melihat menu untuk mengetahui bulan dan tanggal berapa saat ini sesuai kalender hijriah.

6. Asmaul Husna

Menu ini menampilkan 99 Nama Allah atau yang lebih dikenal dengan Asmaul Husna. Selain bahasa Arab, juga disertai dengan bahasa latin dan terjemahan dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda menghafalnya.

“Keenam fitur tersebut sangat membantu bagi mereka yang beragama Islam untuk  mendukung aktivitas sehari-hari, terutama ketika menjalankan ibadah di bulan Ramadhan,”tutup Tjandra.  

 

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS