June 18, 2017

Perjalan Mudik Lebih Nyaman, Ini Tips PT NMI untuk Komunitas Nissan-Datsun

Penulis: Eko Lannueardy
Perjalan Mudik Lebih Nyaman, Ini Tips PT NMI untuk Komunitas Nissan-Datsun  

MOBITEKNO – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) bersama dengan komunitas Nissan-Datsun kembali menggelar sebuah workshop yang berkaitan dengan smart, safety dan eco driving untuk mempersiapkan perjalanan mudik.

Dalam workshop ini, NMI memberikan edukasi secara komprehensif mengenai produk dan layanan Nissan-Datsun, serta berbagi informasi yang bermanfaat bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan jauh.

President Director Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito menegaskan bahwa workshop yang digelar bertujuan untuk membekali komunitas Nissan-Datsun dengan berbagai tips yang bermanfaat sehingga perjalanan mudik mereka jadi lebih menyenangkan.

"Dengan meningkatnya mobilitas di masa mudik, kami ingin memastikan semua pelanggan kami dapat berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman dengan aman dan nyaman. Untuk itulah, kami menggelar workshop ini," ucap Koito.

Workshop yang difasilitasi oleh trainer Nissan College, Sugihendi, menjabarkan beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengemudi jarak jauh. Mulai dari memastikan persiapan kendaraan, hingga teknik berkendara yang aman dan nyaman.

"Ada 10 aspek yang harus diperhatikan dalam persiapan, yaitu periksa ban, aki, rem, wiper, washer, oli mesin, radiator, lampu, kotak P3K, dan servis rutin secara berkala," jelas Sugihendi.

Terkait keselamatan berkendara, pemudik juga harus memperhatikan beban muatan agar tidak berlebihan, beristirahat setiap mengemudi empat jam, dan memastikan bahwa kaca belakang mobil tidak tertutup barang-barang bawaan.

Terkait eco-driving skill, Sugihendi juga menghimbau agar para pemudik untuk melakukan akselerasi secara bertahap, hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan, dan menyesuaikan cara berkendara saat menghadapi kemacetan agar irit bahan bakar.

"Untuk jalanan macet stop and go, injaklah pedal gas dengan sangat halus, dan apabila memungkinkan pergunakanlah hanya pedal rem saja untuk transmisi automatic dan CVT untuk mengurangi penggunaan bahan bakar," pungkas Sugihendi.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS