June 18, 2017

Mau Perjalanan Mudik Lancar? Manfaatkan Aplikasi Ayo Mudik

Penulis: Eko Lannueardy
Mau Perjalanan Mudik Lancar? Manfaatkan Aplikasi Ayo Mudik  

MOBITEKNO – Berbagai program Pemerintah gencar digalakkan untuk mendukung mudik Lebaran tahun ini, mulai dari ketersediaan infrastruktur fisik jalan raya dan jalan tol, penyeberangan, kesiapan bandara dan terminal, kesiapan jaringan telekomunikasi dan lain-lainnya.

Tak kalah penting untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran masyarakat luas dalam prosesi mudik Lebaran kali ini adalah juga disediakannya aplikasi Ayo Mudik. Aplikasi ini hadir dengan mengolaborasikan beragam informasi daya dukung dukung yang tersedia dalam memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi para pemudik.

Aplikasi Ayo Mudik memberikan ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik. Selama ini, akses informasi mutakhir dan lengkap untuk mudik masih sulit untuk diperoleh karena tidak terintegrasi dengan baik.

Oleh karena itu, Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Perhubungan bersama para Menteri dan Kepala Lembaga Lainnya yang juga menggandeng Kudo meluncurkan aplikasi Ayo Mudik, sebagai aplikasi mudik terpadu pertama di Indonesia untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan Mudik Lebaran 2017.

"Kita ingin ada aplikasi daya dukung mudik yang terpadu dengan nama Ayo Mudik. Pengembangan aplikasi ini memang harus dikembangkan secara cepat," ujar Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Ditambahkan oleh Rudiantara, pengembangan aplikasi ini sendiri dilakukan oleh tim pengembang Indonesia yang bertalenta dalam waktu kurang dari satu bulan. Kudo sebagai perusahan rintisan yang memiliki daya dukung tersebut dan telah berupaya semaksimal mungkin mengembangkan aplikasi ini dengan tujuan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. 

Aplikasi Ayo Mudik merupakan sebuah aplikasi terpadu yang menyajikan informasi tempat atau lokasi yang dibutuhkan oleh pemudik selama melakukan perjalanannya. Aplikasi ini berbasis peta yang dapat menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidentil dari berbagai mitra yang ada. 

Selain itu, lewat aplikasi ini para pemudik juga akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh berbagai informasi, seperti lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana serta info lalu lintas terkini. Untuk penggunaanya juga cukup mudah.

"Kami sangat senang sekali bisa membantu Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam menciptakan aplikasi terpadu ini. Tim pengembang aplikasi kami merupakan talenta pengembang berbakat dari Indonesia dan telah mampu menciptakan aplikasi ini dalam kurun satu bulan," ucap Albert Lucius, CEO dan Co-Founder Kudo.

Ditambahkan oleh Albert Lucius, harapannya apalikasi ini benar-benar bisa dimanfaatkan oleh para pemudik dan dapat membantu mereka untuk sampai ke kampung halaman dengan selamat, sehingga bisa merayakan Lebaran dengan nyaman bersama keluarga. Ayo Mudik kini sudah tersedia di Google Play dan dapat diunduh secara cuma-cuma.

 

Tags: , , ,


COMMENTS