January 18, 2017

Xiaomi Redmi 4A Resmi Dijual di Negara Tetangga. Kapan Resmi di Indonesia?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Xiaomi Redmi 4A Resmi Dijual di Negara Tetangga. Kapan Resmi di Indonesia?  

MOBITEKNO – Xiaomi sudah merilis tiga smartphone terjangkau dari Redmi 4 series di negara asalnya pada November 2016 lalu. Ketiganya adalah Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, dan Redmi 4 Prime.

Seperti strategi Xiaomi sebelumnya, smartphone seri ini diproyeksikan Xiaomi menjadi smartphone ‘sejuta umat’ di berbagai belahan dunia lainnya. Ini berarti dalam beberapa bulan dari tanggal peluncurannya, Redmi 4 series juga akan segera hadir di pasar berbagai negara, termasuk di wilayah Asia Tenggara.

Bulan pertama 2017 ini sudah ditandai dengan kehadiran salah satu serinya, Redmi 4A, di Negeri Jiran Malaysia. Bagaimana dengan di Indonesia? Seperti diketahui, proses izin masuk smartphone Xiaomi, seperti juga smartphone 4G LTE impor lainnya, ke pasar Tanah Air masih melalui tahapan proses yang tidak sedehana dan cepat.

Salah satu faktornya adalah adanya aturan TKDN dan restu dari lembaga POSTEL yang diterapkan di Indonesia. Apakah Redmi 4 series juga akan segera hadir secara resmi di Indonesia, tampaknya masih perlu ditunggu kemudian. Resmi atau tidak, beberapa toko online di Indonesia sudah duluan menawarkan Redmi 4A denganharga Rp 1,3 hingga Rp 1,4 juta 

""

Di tengah sengitnya persaingan dari produsen Tiongkok lainnya, ambisi Xiaomi untuk mendominasi pasar Asia sebenarnya masih terus 'menyala'. Malaysia yang dianggap sebagai pasar yang cukup potensial dan lebih simpel izin masuknya mendapat giliran sebagai negara Asia Tenggara pertama yang disambanginya. Belum diketahui apakah dua seri Redmi lainnya, Redmi 4 dan Redmi 4 Prime juga akan segera menyusul.

Terhitung mulai tanggal 18 Januari 2017, smartphone entry-level ini akan mulai ditawarkan di Malaysia seharga RM449 (sekitar Rp 1,3 juta). Apabila diperhatikan sekilas, Redmi 4A lebih mirip sebagai penerus Redmi 2 daripada seri Redmi 3. Setidaknya jika dilihat dari aspek harga dan spesifikasi.

Redmi 4A berlayar 5 inci (HD, 1280 x 720 pixel) ini diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 425, RAM 2 GB, dan internal storage 16 GB, serta slot hybrid SIM untuk ekspansi storage. Tidak seperti samrtphone entry level yang meengusun baterai ‘pas-pasan’, baterai 3.120 mAh pada Redmi 4A relatif cukup untuk digunakan seharian.

Spesifikasi Redmi 4A:

  • Prosesor quad-core Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • RAM 2GB,  internal storage 16 GB
  • Layar 5 inci (HD display, 72% NTCSC color gamut)
  • Baterai 3.120 mAh (bisa stand-by selama 1 minggu)
  • Connectivy: Bluetooth 4.1, WiFi 802.11 b/g/n 2.4G
  • 4G Dual SIM, ekspansi storage hingga 128GB (VFAT format)
  • Kamera utama 13 MP (f/2.2, 5 elemen lensa, autofocus, LED flash) 
  • Kamera depan/selfie 5 MP (f/2.2)
  • Berat 131,5 gram
  • Tersedia dalam warna Gold dan Rose Gold

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS