February 15, 2017

Gabung Wireless Power Consortium, Apple Bakal Tanam Fitur Wireless Charging di iPhone

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Gabung Wireless Power Consortium, Apple Bakal Tanam Fitur Wireless Charging di iPhone  

MOBITEKNO – 

Tidak semua fitur canggih diadopsi oleh Apple untuk smartphone andalannya iPhone. Salah satunya adalah fitur pengisian baterai tanpa menggunakan kabel (wireless charging) yang sudah cukup lama hadir di smartphone Android.

Namun, Apple akhirnya mau membuka matanya dengan hadirnya tren tersebut. Rumor yang beredar, iPhone mendatang mungkin akan datang dengan dukungan fitur wireless charging. Indikasinya terlihat dari bergabungnya Apple ke konsorsium yang bertanggung jawab dalam penentuan standar wireless charging.

Wireless Power Consortium, demikian namanya, baru saja menerima Apple sebagai anggota baru ke-213. Wireless Power Consortium sejauh ini sudah mempromosikan satu standar untuk pengisian baterai tanpa kabel yang dinamakan Qi.

Teknologi charging Qi sebenarnya bukan hal baru bagi Apple karena standar ini sudah diterapkan pada smartwatch Apple Watch. Meskipun Apple sedikit memodifikasi standar Qi agar baterai dalam Apple Watch-nya hanya bisa diisi oleh wireless charger yang sudah disertifikasi oleh Apple. Ini bertujuan untuk mencegah semua wireless charger berstandar Qi bisa mengisi Apple Watch.

Masuknya Apple ke dalam konsorsium ini juga menjadi pertanda bahwa tidak lama lagi berbagai produk Apple, utamanya iPhone, akan mendukung standar Qi wireless charging.
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS