March 13, 2017

Mengubah Susunan Tombol Navigasi di Huawei P9

Penulis: Desmal Andi
Mengubah Susunan Tombol Navigasi di Huawei P9  

MOBITEKNO – Tombol Home, back, dan Recent App merupakan tiga akses penting dalam smartphone berbasis Android. Namun, ternyata susunan ketiga tombol ini tidak seragam di seluruh brand smartphone Android. Ada beberapa brand yang menempatkan susunan dari kiri ke kanan, tombol back, home, dan recent App. Akan tetapi ada juga brand yang menempatkan sebaliknya, yaitu tombol recent app, home, dan back.

Bagi yang terbiasa dengan satu susunan tombol tersebut, saat ia berganti smartphone dan menemukan susunannya berbeda, tentu memerlukan waktu lagi untuk membiasakan dengan susunan tombol tersebut. Hal ini tentu agak menyulitkan pengguna smartphone yang sering berganti-ganti brand smartphone. Tertukar dalam menekan tombol back atau recent app seringkali mereka lakukan.

Namun, beruntung Huawei P9 menerapkan full layar sentuh. Huawei pun tampaknya mengerti akan masalah ini. Oleh sebab itu, baik yang masih menggunakan marshmallow maupun Nougat, para pengguna bisa memilih sendiri susunan ketiga tombol tersebut sesuai keinginannya. Dengan demikian, mereka tetap merasa nyaman, walau di brand smartphone sebelumnya menggunakan susunan tombol yang berbeda.

""

Navigation Bar yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengguna

Bagaimana untuk melakukan penyesuaian tiga tombol utama ini? Mudah sekali. Anda bisa melakukannya dari menu “Settings”. Di sistem Android, bukalah menu “Settings”, baik melalui notification bar maupun membukanya dari app drawer. Selanjutnya, tap opsi “Navigation bar”. Begitu dibuka, akan terlihat empat opsi susunan tiga tombol yang bisa Anda pilih. Anda tinggal memilih salah satu yang dianggap paling nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Setelah selesai, tutup menu “Settings” dan susunan tombol yang Anda pilih sudah tampil di bagian bawah smartphone. (ADV)

Tags: , , , ,


COMMENTS