September 12, 2017

Rilis Mi Mix 2, Xiaomi Buktikan Sanggup Buat Smartphone Canggih Sekaligus Elegan dan Inovatif

Penulis: Iwan RS
Rilis Mi Mix 2, Xiaomi Buktikan Sanggup Buat Smartphone Canggih Sekaligus Elegan dan Inovatif  

MOBITEKNO – Meskipun bocoran seputar Mi Mix 2 sudah beredar jauh-jauh hari, peluncuran smartphone Xiaomi yang layarnya nyaris tanpa bezel (bingkai) ini tetap mengundang perhatian publik global. Pada acara yang digelar di di Beijing, Cina (11/9/2017), Xiaomi akhirnya menjawab rasa penasaran publik dengan menggelar peluncuran Mi Mix 2.

Entah kebetulan atau tidak, peluncuran Mi MIx 2 juga bersamaan dengan peringatan serangan 9/11 yang ke-16 dan digelar beberapa hari sebelum Apple meluncurkan smartphone monumentalnya, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

Selain meluncurkan smartphone premium Mi Mix 2, Xiaomi juga memperkenalkan kehadiran phablet terbarunya, Mi Note 3, dan satu produk laptop dengan prosesor Intel 8th-gen terbaru, Mi Notebook Pro.

""

""

Bintang dari ketiga produk tersetbu sudah pasti adalah Mi Mix 2. Smartphone sekuel kedua dari Mi Mix ini hadir dengan ukuran layar IPS LCD 5,99 inci (Full HD+, 2160 x 1080 pixel, aspect ratio 18:9, 403 ppi). Seperti juga smartphone premium dari kompetitor di pasar, Mi Mix diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon 835 (MSM8998, GPU Adreno 540) dengan dukungan RAM 6 GB (ada opsi 8 GB), internal storage 64 GB (ada opsi 128/256 GB), dan baterai 3400 mAh (Quick Charge 3.0).

Indikasi Mi Mix 2 dipersiapkan sebagai produk global yang dapat digunakan di seluruh dunia terlihat dari dukungannya terhadap berbagai standar connectivity network. Pada presentasinya, Lei Jun, Chairman dan CEO Xiaomi, menyebutkan dukungan luas Mi Mix 2 terhadap standar 4G LTE, 3G, 2G hingga 43 band.

""

""

Apabila bentuk/desainnya dibandingkan dari versi pertama Mi Mix, layar Mi Mix 2 datang dengan diagonal lebih kecil (5,99 vs 6,4 inci), dengan konsekuensi lebar bodi menurun atau lebih langsing (151,8 vs 158,8 mm) dan bobot yang lebih ringan (185 vs 209 gr). 

Masih menggandeng desainer legendaris Perancis, Philippe Starck, desain Mi Mix 2 bisa dikatakan sebagai penyempurnaan lebih lanjut dari desain Mi Mix yang sebenarnya sudah elegan, anggun, dan unik.

Starck sempat mengatakan tantangan dalam mendesain Mi Mix 2 dari Mi Mix yang disebutnya sudah sangat bagus dari sisi desain produk. Starck tidak lupa menyebut bagaimana Xiaomi bukan hanya memiliki para teknis (engineer) terbaik tapi juga diperkuat desainer terbaik.

""

Perbedaan positif yang juga ditemui pada Mi Mix 2 adalah pada sistem speakernya. Mi Mix 2 tidak lagi speaker piezoelectric ceramic tapi menggantinya dengan speaker normal (standar) yang letaknya sedikit tersembunyi di bagian atas layar (di tengah bezel atas).

Fungsi mikrofon juga menjadi fokus Xiaomi untuk disempurnakan dengan hadirnya fitur dual-audio recording microphone. Dengan dua mikrofon ini, kualitas rekaman atau deteksi suara mikrofon Mi Mix 2 akan lebih baik dari Mi Mix.

Xiaomi tidak mengikuti tren dual camera seperti kebanyakan smartphone kelas atas terbaru di tahun ini. Kamera Mi Mix 2 'hanya' dilengkapi dengan satu sensor kamera belakang (utama). Seperti flagship Mi 6, kamera Mi Mix 2 berkualitas 12 MP dengan sensor Sony IMX386 (ukuan pixel 1,25 µm, aperture f/2.0, PDAF, 4 axis, dual-LED flash). Begitu pula dengan kamera depannya (selfie) yang masih ‘standar’ 5 MP dan berada di lokasi ‘nyeleneh’ di bezel sisi kanan bawah layar. Pengguna yang ingin ber-selfie harus memutarnya 180 derajat.

Xiaomi Mi Mix 2 akan menjalankan Android 7.1 Nougat dengan lapisan interface kebanggaan MIUI 9. Perlu diketahui, tidak seperti Mi Mix, Xiaomi tidak lagi menyertakan audio jack 3,5 mm pada Mi Mix 2.

""

""

""

Salah satu andalan Mi Mix 2 adalah bahan keramik yang digunakan yang berjenis microcrystal zirconium oxide (ZrO2). Bahan keramik tersebut dipastikan akan sangat keras (skala 8-8.5 Mohs) dan hanya kalah keras dari intan dan safir (sapphire). Ketangguhan keramik juga terbutkti dari ketahanannya terhadap goresan/baretan, korosi, konduktivitas panas rendah, mudah dibersihkan, dan tidak menurunkan sinyal (tidak seperti bahan metal).

Mi Mix 2 versi standar (opsi warna hitam dan putih) yang mengkombinasikan keramik dengan frame (bingkai) aluminum akan dijual di Cina dalam beberapa varian. Varian 6 GB+64 GB seharga RMB 3299 (sekitar Rp 6,7 juta), varian 6 GB+128 GB seharga RMB 3599 (sekitar Rp 7,3 juta), dan model 6 GB+256 GB seharga RMB 3999 (sekitar Rp 8 juta).

Xiaomi juga menghadirkan Mi Mix 2 "Special Edition" yang tampil lebih elegan lagi karena seluruh bodinya sudah terbuat dari keramik (ceramic unibody). Mi Mix 2 "Special Edition" ini akan dibanderol dengan volume terbatas seharga RMB 4699 (sekitar Rp 9,5 juta).

""

""

Sejauh ini Xiaomi baru memasarkan Mi Mix 2 di pasar Tiongkok dengan beberapa pasar di beberapa negara pilihan lainnya segera. Akankah hadir resmi di Indonesia? Boleh berharap, tapi perlu diingat, jangankan Mi Mix 2, flagship Xiaomi saja (seri Mi 5, Mi 6) hingga kini belum resmi dipasrkan di Indonesia. Cukup menjadi pertanyaan karena Xiaomi berkali-kali menyebut Indonesia merupakan pasar penting di kawasan Aisa Tenggara. Seberapa penting?

Spesifikasi Mi Mix 2:

  • Layar: 5,99 inci (18:9 aspect ratio, rsolusi 1080 x 2160 pixel)
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 835 (CPU: Octa-core 4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo, GPU Adreno 540)
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Storage: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Kamera utama (belakang): 12 MP rear camera (Sony IMX386, ukuan pixel 1,25 µm, aperture f/2.0, PDAF, OIS 4-axis, dual-LED flash)
  • Kamera depan (selfie): 5 MP
  • Material/bahan bodi: standar edition: aluminium dan keramik, Special edition: ceramic unibody
  • 4G LTE: Dukung standar LTE global (43 band)
  • Baterai: 3400 mAh (Quick Charge 3.0)

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS