April 12, 2017

OnePlus 5 Bakal Ikut Tren Layar Tanpa Bezel

Penulis: Iwan RS
OnePlus 5 Bakal Ikut Tren Layar Tanpa Bezel  

MOBITEKNO – Rencananya OnePlus akan meluncurkan OnePlus 5 sebagai penerus OnePlus 3/3T dan bukannya OnePlus 4. Alasan ini bisa dipahami mengingat budaya Cina menganggap '4' merupakan angka yang kurang membawa peruntungan. 

Terlepas dari hal tersebut, bocoran mengenai fitur baru OnePlus 5 juga mulai beredar. Salah satunya berkaitan dengan hadirnya layar lengkung yang mulai menjadi tren setelah dirintis oleh Samsung.

Menurut berita dari PC Pop, OnePlus 5 bukan hanya datang dengan layar lengkung di sisi kanan dan kiri, tapi juga dengan resolusi lebih tinggi, yaitu Quad HD (1440p). Hadirnya resolusi Quad HD berarti menunjukan peningkatan dibandingkan resolusi layar Full-HD pada smartphpne OnePlus sebelumnya (OnePlus One, OnePlus 2, OnePlus 3/3T).

Mengingat ukuran layarnya mungkin tidak mengalami perubahan (masih berukuran 5,5 inci), penerapan layar tanpa bezel (bezel-less) akan berdampak positif pada dimensi (form factor) OnePlus 5 yang lebih kecil dibandingkan pendahulunya. 

Kuat dugaan, OnePlus juga akan memindahkan sensor fingerprint di sis belakang samrtphone seperti Samsung Galaxy S8. Namun, kabar baiknya, tombol capacitive (capacitive buttons) tetap pada posisi di bawah layar (tidak menggunakan on-screen/soft button).

Meski bukan kejutan lagi, OnePlus 5 juga bakal diperkuat prosesor Snapdragon 835 dengan RAM 8 GB. Kapasitas RAM tersebut mungkin dianggap berlebihan untuk sebuah smartphone, mengingat masih banyak smartphone premium tetap menggunakan RAM 4 GB (Galaxy S8, LG G6, Huawei P10).

""

Produsen OnePlus memang punya jejak rekam menggunakan kapasitas RAM yang di atas rata-rata pada masanya. Saat pertama kali hadir dengan OnePlus One, produsen ini sudah menggunakan kapasitas RAM 3 GB. Tradisi ini berlanjut hingga produk terakhirnya tahun lalu, OnePlus 3T dengan kapasitas RAM 6 GB.

Berbeda dari tren kamera ganda pada smartphone, OnePlus masih ingin konsistem dan 'sealiran' Samsung Galaxy S8/S8 dengan satu kamera di depan (selfie) dan belakang. Namun, kamera OnePlus 5 bukannya tanpa peningkatan. Kabarnya, kamera utamanya tersebut akan datang berkualitas 23 MP.

Kapasitas baterai yang hanya 3.000 mAh mungkin diangap pasa-pasan dengan ukuran layarnya yang mencapai 5,5 inci. Apakah baterai 3.000 mAh menunjukkan OnePlus 5 akan lebih efisien (hemat baterai) dibandingkan OnePlus sebelumnya?

 

Tags: , , , ,


COMMENTS