October 10, 2017

Galaxy S9 Paling Awal Pakai Snapdragon 845, Samsung Kembali Jadi ‘Anak Emas’ Qualcomm

Penulis: Iwan RS
Galaxy S9 Paling Awal Pakai Snapdragon 845, Samsung Kembali Jadi ‘Anak Emas’ Qualcomm  

MOBITEKNO – Klien dengan jumlah pesanan terbanyak sudah pasti akan menjadi prioritas bagi produsen. Apalagi jika proses manufakturnya juga melibatkan keduanya. Inilah gambaran hubungan bisnis mutualisme anatar Samsung dan Qualcomm.

Setelah mendapat giliran pertama mendapatkan prosesor Snapdragon 835 untuk Galaxy S8/S8 Plus tahun ini, ‘monopoli’ prosesor high-end buatan Qualcomm oleh Samsung diprediksi akan berlanjut tahun depan.

Kali ini prosesornya (chipset), Snapdragon 845, akan kembali pertama kali disematkan pada smartphone flaghsip samsung tahun depan,Galaxy S9. Setidaknya demikian menurut analis teknologi asal Rusia, Eldar Murtazin (@eldarmurtazin).

Menurut Eldar, Qualcomm bakal kembali memilih Samsung untuk memproduksi chip high-end Snapdragon mendatang (Snapdragon 845). Jadi, sangat lumrah jika Samsung pun menjadi klien produsen smartphone pertama yang akan memesan prosesor tersebut.

Apabila kerjasama Samsung dan Qualcomm ini kembali terulang, situasi dan kondisi yang terjadi tahun ini, saat Snapdragon 835 awalnya hanya dijumpai di smartphone flagship Samsung akan terjadi lagi tahun depan. Produsen selain Samsung pun harus bersabar menunggu giliran/jatah setelah Galaxy S9/S9 Plus hadir di pasar.

Meski sebelumnya sempat beredar kabar jika Qualcomm mungkin mengakhiri kontraknya dengan Samsung (untuk memproduksi chip Snapdragon), dan memilih produsen lainnya, seperti TSMC, analis Eldar terbaru ini sepertinya mengesampingkan hal tersebut.

Rencananya, Galaxy S9 dengan chipset Snapdragon 845 akan diperkenalkan Samsung ke publik pada akhir Februari 2018 di ajang mobile besar tahunan MWC 2018 di Barcelona, Spanyol.

Berdasarkan roadmap ini, kemungkinan besar produsen lainnya, seperti Xiaomi, LG, Sony, atau OnePlus terpaksa harus mengatur jadwal rilis smartphone terbaru dengan Snapdragon 845 di kuartal kedua hingga keempat 2018. Kecuali jika mereka masih memilih menggunakan chip Snapdragon terdahulu, seperti yang dilakukan LG dengan G6 tahun ini.

Hubungan bisnis yang harmonis antara Samsung dan Qualcomm ini mungkin menjadi salah satu alasan vendor smartphone besar lain, seperti Huawei dan Apple untuk memilih mandiri dalam mengembangkan prosesor chip sendiri dan memilih pabrikan chip di luar Samsung.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS