June 10, 2017

Ajak Komunitas Honda Vario, Dompet Dhuafa Tebar Kebahagiaan untuk Puluhan Anak Pemulung

Penulis: Desmal Andi
Ajak Komunitas Honda Vario, Dompet Dhuafa Tebar Kebahagiaan untuk Puluhan Anak Pemulung  

MOBITEKNO – Bulan suci Ramadan menjadi bulan yang ideal untuk berbagi dengan sesama. Inilah yang mendorong Dompet Dhuafa mengajak anak-anak kurang mampu untuk mendapatkan kebahagiaan dalam program Sahabat Berbagi Harapan #Zakat360. Bersama anak-anak komunitas Honda Vario (HVC) dan Community Vario Led Indonesia (CVLI), mereka mengumpulkan anak-anak kurang mampu di Yayasan Al Hakim, Ciputat, Tangerang.

Yayasan Al Hakim sendiri sudah lama menjadi tempat untuk mengangkat harkat martabat kaum dhuafa serta sering memberikan wawasan tentang agama Islam melalui pendidikan di Taman pendidikan Al-Quean di sekitar Ciputat. Yayasan ini memiliki empat cabang di sekitar Ciputat. Tiga diantaranya berada di lokasi kampung pemulung.

“Pemilihan anak-anak pemulung pada tahun ini adalah sebagai wadah apresiasi kami terhadap masa depan bangsa serta mewadahi anak-anak pemulung yang memiliki keterbatasan dalam menempuh pendidikan yang layak, semua anak di Indonesia mempunyai cita-cita namun keterbatasan terkadang semangat yang telah ada menjadi pupus, maka itu kita berharap adanya rekan-rekan komunitas motor, blogger dan rekan-rekan ahli profesi bisa membawa semangat bangkit akan terus mengejar cita-cita yang sudah diimpikan, sekalipun dalam ruang keterbatasan”, ungkap Shoffie Afrianur,Guru School Refugees (SFR) Dompet Dhuafa di Ciputat, Sabtu, 10/6/2017. “Untuk tahun ini SBH Ada 12 titik di wilayah Jabodetabek, kegiatan acara dalam Sahabat Berbagi Harapan (SBH) terdiri dari bibliotherapy, dongeng, games, sharing profesi dan sebagainya,” tambah Shoffie.

Sahabat Berbagi Harapan merupakan program yang bertujuan untuk menebar kebahagiaan, berbagi motivasi dan semangat, mengajak stakeholder, masyarakat, komunitas, volunteer, donatur untuk bisa merasakan langsung dan berempati kepada anak-anak yang diberi ujian hidup. Ramadhan menjadi momentum yang tepat karena diidentikkan dengan bulan kasih sayang dan saling berbagi dalam kebaikan.

Program Sahabat Berbagi Harapan ini tak hanya diisi dengan buka puasa bersama, tetapi juga ada kegiatan yang bertujuan menghibur dan berbagi inspirasi dengan tema-tema tertentu, seperti cinta lingkungan, cinta budaya, dan profesiku. Tema-tema tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penerima manfaat program.

Salah satu metode yang digunakan dalam biblioterapi. Biblioterapi adalah upaya penanaman nilai-nilai positif dengan menggunakan bahan bacaan. Pada program Sahabat Berbagi Harapan volunteer akan melakukan kegiatan bersama penerima manfaat agar dapat saling berbagi dan mengambil hikmah.

Dengan mengangkat #Zakat360, Dompet Dhuafa berharap cita-cita anak-anak pemulung bisa tercapai dan menjadi pelopor sebuah kesuksesan dalam kebangkitan ekonomi keluarga. Kemiskinan di kota-kota besar sudah menjadi belenggu keterbatasan baik pendidikan, kesehatan, serta moral maka itu diharapkan dengan campaign #Zakat360 dapat terwujud sebuah kemakmuran dari lingkaran kemiskinan.

Tags: , , ,


COMMENTS