October 9, 2017

Meninggal Saat Tidur, Paul Otellini Dikenang Atas Perannya Membidani Lahirnya Prosesor Intel Pentium

Penulis: Iwan RS
Meninggal Saat Tidur, Paul Otellini Dikenang Atas Perannya Membidani Lahirnya Prosesor Intel Pentium  

MOBITEKNO – Siapa saja yang kerap menggunakan komputer di era 90-an tentu paham betul dengan prosesor Intel Pentium. Prosesor ini sangat melekat dengan PC branded maupun rakitan karena menjadi jaminan atas performa dan kestabilan jalannya suatu aplikasi di PC dengan Windows OS.

Salah satu pria yang turut berperan dalam pengawasaan dan pengembangan awal prosesor Pentium hingga akhirnya dirilis tahun 1993 adalah Paul S. Otellini. Belum lama ini, Intel mengumumkan bahwa Otellini yang sempat menjadi CEO raksasa semikonduktor selama periode 2005-2013 telah meninggal di usia 66 tahun. Menurut rilsi Intel, Paul meninggal selagi tidur pada har Minggu, 2 Oktober 2017.

Bagi Intel, selama delapan tahun kepemimpinannya sebagai CEO Intel, Otellini bisa dikatakan sebagai CE tersukses membawa Intel meraih pendapatan terbesar, terutama jika dibandingkan masa 45 tahun Intel sebelumnya.

Saat akhir hidupnya, Otellini masih menjabat sebagai salah satu dewan direksi di Google. Tidak mengherankan Sundar Pichai, CEO Google pun mengenang kepergian Otellini dengan menyatakan rasa syukurnya yang sempat merasakan kepemimpinan dan bimbingannya selama menjadi bagian dari Google.

""

Pada Juni 2005, Steve Jobs, CEO Apple merangkul Paul Otellini, CEO Intel Corp. di ajang Apples Worldwide Developers Conference, San Francisco, California yang menandai penggunaa chip Intel di produk laptop dan deskto Apple. (Foto: Paul Sakuma/AP Photo). 

Brian Krzanich, yang menggantikan posisi Otellini sebagai CEO Intel sejak 2013 menyatakan, “Kami semua sangat berduka cita dengan kepergian Paul. Dia selama ini telah menjadi corong suara konsumen di tengah banyakanya para engineer Intel selama ini.”

Krzanich juga menekankan pesan Otellini sewaktu memimpin Intel yang selalu mengajarkan pentingnya raksasa semikonduktor dapat memenangkan persaingan jika selalu mengedepankan keinginan dari konsumen.

Bagi pihak luar, Otellini juga dikenang karena berhasil melakukan kerjasama historis dengan Apple yang selama ini selalu menjadi rival mereka. Pada kerjasama itu, Intel berhasil ‘membujuk’ Apple untuk beralih dari prosesor PowerPC buatan IBM ke prosesor Intel untuk digunakan pada serangkaian produk Apple (MacBook, iMac, dan lain-lain).

Tags: , , , , , ,


COMMENTS