August 9, 2017

Tidak Semua Karyawan Suka Kantor Baru ‘Piring Terbang’ Apple. Apa Sebabnya?

Penulis: Iwan RS
Tidak Semua Karyawan Suka Kantor Baru ‘Piring Terbang’ Apple. Apa Sebabnya?  

MOBITEKNO – Banyak yang mengagumi markas baru Apple yang berdesain piring terbang sebagai konsekuensi pilihan arsitekturnya yang beraliran neo-futurism. Dibangun selama hampir 6 tahun dan memakan biaya hampir US$ 6 miliar ini, markas baru Apple yang disebut Apple Park ini bukan hanya menyediakan fasilitas kantor, tapi juga fasilitas lainnya, seperti tempat berolah raga dan pusat kegugaran.

Namun, dengan segala kecanggihan dan kemegahan Apple Park tersebut, Apple masih belum dapat menyenangkan semua karyawannya, terutama dalam menciptakan situasi dan kondisi kerja yang nyaman.

Masalahnya berawal dari keinginan Apple untuk menciptakan kondisi ruang kerja terbuka (open floor plan) bagi karyawannya di Apple Park. Maksud baiknya adalah menciptakan kerjasama tim yang lebih baik, baik internal maupun eksternal. Kolaborasi tim yang baik diharapkan akan berujung pada hasil (produk) yang baik pula.

""

Niat baik Apple ini tampaknya tidak direspons positifi oleh semua karyawan Apple. Menurut informasi dari John Grubber, blogger Apple, diketahui terjadi perbedaan pendapat mengenai konsep ruang kerja terbuka ini. Sejumlah karyawan diketahui menolak untuk bekerja dalam satu meja panjang dengan karyawan lainnya. Mereka memilih untuk bekerja pada ruang atau cubicle sendiri.

Tidak tanggung-tangung, salah satu yang dikabarkan menolak ruang kerja terbuka adalah Johny Srouji, Apple VP. Srouji yang bersama timnya bertanggung jawab dengan desain dan pengembangan chip A10 (iPhone 7/7 Plus) dan A11 (iPhone 8) disebut-sebut sangat tidak menyukai dan tidak ingin bekerja di kantor dengan konsep open floor plan tersebut.

Selain Srouji dan timnya, masih ada lainnya yang tidak menyukai kantor baru Apple. Salah satunya adalah Eddy Cue, Apple Senior VP Internet Software & Services. Eddy bersama tim bahkan memilih untuk tetap berada di kantor dengan desain lama yang juga berada di Cupertino, California.

Tags: , , , ,


COMMENTS