January 9, 2017

Norwegia Mungkin Jadi Negara Pertama di Dunia Yang Akan Matikan Radio FM

Penulis: Desmal Andi
Norwegia Mungkin Jadi Negara Pertama di Dunia Yang Akan Matikan Radio FM  

MOBITEKNO – Sampai saat ini jaringan radio FM masih populer digunakan masyarakat hampir di seluruh negara di dunia untuk mendapatkan berbagai informasi. Tidak hanya itu, orang menggunakan radio juga untuk mendapatkan hiburan, mendengarkan lagu terbaru, hingga diskusi menarik ang disampaikan oleh berbagai tokoh masyarakat.

Namun, jika Anda bermukim di Norwegia, hal ini mungkin akan berakhir. Seperti diinformasikan Reuters, pemerintah Norwegia berencana untuk mematikan saluran radio FM di negaranya. Hal ini berati mengakhiri era radio FM dan akan digantikan oleh radio streaming. Pemerintah menganggap masih ada jaringan Internet yang bisa mengakses radio secara digital.

Menariknya, dari hasil jejak pendapat di negara tersebut, 66 persen masyarakatnya tidak setuju dengan rencana tersebut. Hanya 17 persen yang sependapat dengan rencana pemerintah untuk mematikan saluran radio FM. Jika langkah ini jadi dilakukann Norwegia. Banyak masyarakat yang akan kehilangan informasi di tengak aktiitas mereka. Contohnya saja saat di jalan raya. Masih banyak yang mengandalkan radio FM untuk mendengarkan musik. Jika saluran radio FM dimatikan, para pemilik mobil yang belum memiliki fitur penerima Digital Audio Broadcasting, tampaknya harus mengeluarkan kocek tambahan guna mengganti perangkat head unit dengan tipe terbaru yang mendukung saluran radio digital.

Sumber: Reuters

Tags: , , ,


COMMENTS