March 6, 2017

Smartphone Nokia Mendatang Tidak Lagi Sertakan Lensa Carl Zeiss. Ini Kata HMD Global

Penulis: Iwan RS
Smartphone Nokia Mendatang Tidak Lagi Sertakan Lensa Carl Zeiss. Ini Kata HMD Global  

MOBITEKNO – Terlepas dari kurang suksesnya Nokia di pasar smartphone global dalam lima tahun belakangan ini, pemerhati mobile photography setidaknya mengenal dua produknya empat lima tahun lalu, yaitu Lumia 1020 dan PureView 808.

Keduanya menarik perhatian karena menyertakan sensor kamera dengan megapixel ekstra besar 41 MP (efektif 38 MP), teknologi imaging PureView, dan lensa ternama Carl Zeiss.

Sayangnya, dinamika yang terjadi begitu cepat pada produk Nokia dalam lima tahun belakangan ini (ganti pemilik) membuat pengembangan fitur kamera andal pada smartphone Nokia seperti mengalami kemandekan.

Setelah berada di bawah kendali perusahaan Finlandia, HMD Global, banyak para fans Nokia sempat berharap akan hadir smartphone Nokia berbasis Android yang menjadi suksesor Lumia 1020 atau PureView 808 sebelumnya.

""

Ultra Megapixel smartphone: Nokia Lumia 1020 dan Nokia 808 PureView

Sayangnya harapan tersebut mungkin agak sukar diwujdkan setelah pihak Nokia Mobile (@nokiamobile) menjawab salah satu pertanyaan di Twitter seputar peluang digunakannya lensa Carl Zeiss pada smartphone mendatang. 

Jawaban dari Nokia Mobile cukup jelas, yaitu mereka tidak lagi menggunakan teknologi Carl Zeiss. Namun, mereka mengaku sedang mengembangkan (berinvestasi) dengan solusi imaging yang juga unggul, meski tidak menyebutkan dengan rinci seperti apa solusi imaging yang dikembangkannya.

Selain lensa Carl Zeiss, banyak pula yang menanyakan 'nasib' selanjutnya dari teknologi imaging PureView yang digunakan pada Lumia 1020 dan Nokia 808. Nokia Mobile tidak menjawab secara rinci terkait pertanyaan ini. Namun berdasarkan jawaban di Twitter, HMD Global yang ingin membuka lembaran baru diperkirakan akan mengadopsi teknologi di luar PureView.

Beralihnya kepemilikkan atau hak untuk menggunakan merek, membuat teknologi yang dimiliki smartphone Nokia sebelumnya tidak serta merta bisa digunakan oleh pemegang hak penjualan smartphone dan tablet Nokia saat ini (HMD Global). Seperti diketahui, teknologi imaging PureView saat ini masih dipegang oleh Microsoft belum tentu bisa digunakan lagi oleh HMD Global.

Kecewa? Jangan dulu. Berharap saja Nokia Mobile (HMD Global) sudah menemukan teknologi kamera dan imaging yang tepat dan tidak kalah bagus dari smartphone Nokia terdahulu.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS