January 6, 2017

Tidak Hanya BMW, Nissan Juga Turut Bawa Cortana ke Kabin Kendaraan

Penulis: Desmal Andi
Tidak Hanya BMW, Nissan Juga Turut Bawa Cortana ke Kabin Kendaraan  

MOBITEKNO – BMW telah menginformasikan menegani penggunaan Cortana dalam bagian sitem BMW ConnectedDrive miliknya. Namun ternyata, sebelumnya Nissan juga melakukan hal yang sama. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang keynote speaker dari Nissan yang mempresentasikan mengenai teknologi dan kerjasama dengan Microsoft Cortana untuk kendaraan Nissan berikutnya, pada hari Kamis kemarin di Las Vegas, Amerika Serikat.

Informasi video mengenai hal tersebut juga didapat dari cuitan Nissan Motors pada account Twitter resminya. Untuk penggunaan Cortana ini, Nissan telah bekerja sama dengaan Microsoft secara langsung untuk mengintegrasikan Cortana ke dalam platform Conected Vehicle milik Nissan. Tidak hanya Cortana, Nissan juga akan melengkapinya dengan Azure dan Offie 365.

Nissan bahkan telah mendemonstrasikan konsep ini pada sebuah video. Dengan Cortana, pengemudi memiliki asisten di dalam kabin. Jadi, jika pengemudi mengatakan “Apa jadwal harian saya hari ini?”, tidak perlu membuka smartphone, sistem Connected Vehicle di kendaraaan Nissan akan menampilkannya ke pengemudi melalui layar di dashboard. Tidak hanya itu, rute dan durasi perjalanan pun bisa langsung diprediksi oleh Cortana.

Belum diketahui secara detail kapan teknologi ini akan digunakan untuk mobil-mobil yang siap diedarkan di masayarakat. Namun, Microsoft sendiri telah melakukan banyak eksperimen dengan Cortana sejak setahun lalu. Microsoft bahkan memulainya dengan sebuah proyek pada tahun 2014 dan sebuah prototype software cortana untuk kendaraan sudah ditunjukkan pada tahun lalu. Dalam eksperimen tersebut, Microsoft mengintegrasikan Cortana dalam windshield di sebuah kendaraan sehingga memungkinkan pengemudi untuk mengetahui jadwal serta membuat pemesanan pada sebuah tempat makan favorit dengan cepat. Apalagi fitur ini juga dilengkapi dengan virtual map yang akan mengarahkan pengemudi ke lokasi tujuan.

Sumber: The Verge

Tags: , , , ,


COMMENTS