October 5, 2017

Zurich Indonesia Hadirkan Rangkaian Platform Layanan Asuransi Digital

Penulis: Karyo
Zurich Indonesia Hadirkan Rangkaian Platform Layanan Asuransi Digital  

MOBITEKNO – Dalam rangka memenuhi dan memperemudah layanannya, Zurich Indonesia kini menghadirkan rangkaian platform digital yang menawarkan kemudahan, kecepatan dan transparansi dalam mengakses layanan asuransi, agar sejalan dengan kebutuhan nasabah dan agen asuransi.

Hal itu disebabkan karena kanal digital saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal di industri asuransi. Kanal digital merupakan salah satu kanal strategis yang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat jika bisa dipergunakan dengan baik. Oleh karenanya, Zurich Indonesia telah berupaya memberikan masyarakat pengalaman digital yang benar-benar relevan dengan kebutuhan masayarakat saat ini dengan menghadirkan rangkaian platform layanan digitalnya.

Beberapa layanan digital yang dihadirkan Zurich Indonesia terdiri dari Zurich Insurance Platform (ZIP), sebuah aplikasi khusus bagi agen untuk memudahkan penawaran asuransi kendaraan kepada calon nasabah, Zurich Click (Z-Click), platform untuk pembelian asuransi perjalanan secara online, Zurich eClaim portal online untuk pengajuan dan tracking klaim; serta Z-Alert aplikasi tanggap bencana yang memberikan peringatan dini pada penggunanya.

Melalui platform digital tersebut, nasabah Zurich Indonesia dan masyarakat pada umumnya dapat mengakses layanan asuransi dengan lebih mudah dan cepat di mana saja kapan saja. Inisiatif tersebut diperkenalkan kepada publik bersamaan dengan ulang tahun Zurich Indonesia yang ke 26.

Hal itu menurut Dian Wibowo, Chief Operating Officer PT Zurich Insurance Indonesia merupakan bentuk komitmen Zurich Indonesia untuk terus memberikan layanan dan perlindungan terbaiknya bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu menurut Philippe Danielski, Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia, bagi industri asuransi, digitalisasi tidak hanya mengubah strategi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya akan tetapi juga pada ekspektasi nasabah terhadap akses layanan. “Inovasi, kecepatan, kemudahan, aksesibilitas serta transparansi informasi telah menjadi sebuah kebutuhan. Calon nasabah cenderung lebih suka mencari informasi secara mandiri sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk. Karenanya penting bagi pelaku industri untuk mampu memfasilitasi kebutuhan ini,” ungkap Philippe  saat peluncuran platform digitalnya di Jakarta, Rabu (04/10/2017)

Melalui platform digital tersebut menurut Phillippe, Zurich Indonesia terus berupaya untuk memberikan nilai tambah bagi para nasabahnya. Melalui platform digital tersebut nasabah diharapkan akan dapat mengakses layanan dengan lebih mudah, cepat dan nyaman. “Kedepannya, kami akan terus berusaha untuk meningkatkan layanan yang sudah ada saat ini, " tambah Philippe.

Sementara itu menurut Dian Wibowo, Chief Operating Officer PT Zurich Insurance Indonesia, melalui rangkaian paltform digital tersebut, nasabah akan lebih mudah mengakses layanan dan produk asuransi Zurich Indonesia. Selain itu menurutnya, layanan digital tersebut dalam rangka meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia yang masih minim.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Januari 2017 menunjukkan penetrasi industri asuransi di Indonesia baru mencapai 2,87 persen dari PDB. Sementara densitasnya, rata-rata pengeluaran penduduk Indonesia untuk asuransi sebesar Rp1,29 juta per tahun.

"Dengan ke empat platform digital ini, nasabah dapat mengakses layanan asuransi Zurich Indonesia dengan lebih mudah dari komputer atau smartphone. Mulai dari pembelian produk, pengajuan klaim, hingga informasi mengenai potensi risiko yang ada di sekitar. ZIP, sebagai aplikasi khusus bagi agen juga mempermudah nasabah untuk mendapatkan informasi mengenai perlindungan kendaraan." Jelas Dian pada kesempatan yang sama.

ZIP merupakan inisiatif digital yang paling baru diluncurkan. Jika platform digital lainnya mempermudah nasabah dalam mengakses layanan asuransi, ZIP diperuntukan khusus bagi agen. Melalui aplikasi tersebut agen lebih mudah untuk menawarkan produk asuransi kendaraan pada calon nasabahnya. Proses pengiriman penawaran harga asuransi kendaraan bermotor dapat dilakukan kapan saja, bahkan di hari libur. 

Saai ini Zurich Indonesia  menunjukkan kinerja yang diklaim memuaskan selama tahun 2017. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan Zurich Indonesia meraih penghargaan pada Indonesian Customer Choice Awards 2017 untuk kategori Best Financial Performance General Insurance Company untuk Kategori Asset antara Rp 600 sampai 900 miliar.

Tags: , , , ,


COMMENTS