June 5, 2017

Zebra Tawarkan Teknologi Berbasis IoT, Bisnis pun Terkoneksi di Seluruh Dunia

Penulis: Desmal Andi
Zebra Tawarkan Teknologi Berbasis IoT, Bisnis pun Terkoneksi di Seluruh Dunia  

MOBITEKNO – Saat ini, Internet of Things, Mobility, dan Cloud merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya melakukan inovasi bisnis bagi perusahaan. Bahkan, tujuh dari sepuluh peisnis ritel yang ada di wilayah Asia Pasifik sudah merencanakan untuk melekukan investasi di bidang teknologi IoT sebelum tahun 2012.Semua ini dilakukan agar perusahaan bisa melakukan transformasi pengalaman kepada pelanggan.

Kenyataan ini diungkapkan langsung oleh Lim Fang How, Regional Director Zebra technologies Asia Pacific di Jakarta belum lama ini, berdasarkan survei yang dilakukan langsung oleh Zebra. Penelitian yang dilakukan oleh Zebra ini berusha menganalisis tren-tren teknologi yang dapat membentuk masa depan industri ritel global serta meningkatkan pengalaman berbelanja.

“Mobility, IoT, dan Cloud memang merupakan bagian yang penting bagi setiap perusahaan modern saat ini. Dan inilah yang dilakukan oleh Zebra dengan produk-produk barunya untuk kebutuhan perusahaan, seperti data capture, mobile computing, RFID, Card printing, barcode printing, hingga cloud device management,” ujar LIM Fang How  di Grand Hyatt. “Zebra membuat teknologi ini untuk berbagai industri, seperti retail, manufaktur, dan kesehatan,” tambah Lim Fang How.

 Masih menurut Lim, teknologi yang ada di produk-produk Zebra mampu memberikan 95 persen kesempatan bagi 500 perusahaan untuk mengembangkan operasionalnya dengan cara yang dapat dipantau secara langsung (real time). Dengan adanya perkembangan produk-produk berbasis cloud dan mobile, menurut Zebra, keadaan ini akans sesuai dengan perkembangan generasi millenial, yang akan menjadi penentu perkembangan bisnis di tahun-tahun mendatang. Generasi ini tidak suka akan keruwetan dan semuanya dilakukan serba mobile.

Salah satu yang dikembangkan Zebra technologies adalah data capture. Berbagai produk ini sudah digunakan banyak perusahaan, terutama di sektor retail. Produk data capture dari Zebra mampu melakukan penyimpanan data secara akurat, mampu melakukan tracking dari kebiasaan konsumen, hingga mengidentifikasi produk-produk yang dibutuhkan konsumen. Hal ini dapat terlihat dari tiga produk barunya, yaitu Zebra TC56, Zebra DS 8100, dan Zebra DS 2200. Ketiga produk ini bisa digunakan untuk mengambil data secara cepat dan hasilnya langsung disimpan dalam database yang tersimpan secara cloud.

""

Zebra TC56

Bahkan, produk baru dari Zebra ini dapat mendeteksi barcode atau QR code yang tersembunyi di balik desain sebuah kemasan. Dengan begitu, bentuk QR code atau barcode tidak mengganggu desain yang ada di kemasan. Kehadiran produk-produk ini diharapkan mampu mempersingkat antrian konsumen, terutama di kasir.

Seri TC5 dari Zebra juga menawarkan fungsionalitas dan durabilitas enterprise yang tangguh yang akan memastikan bahwa perangkat ini mampu menghadapi beratnya pekerjaan-pekerjaan mobilitas lapangan. Seri TC5 ini juga memberikan kemudahan dukungan operasional untuk total biaya kepemilikan (total cost of ownership/TCO) yang lebih baik, serta menghadirkan koneksi nirkabel tercepat dan terandal, baik digunakan di dalam maupun di luar lapangan.

""

Pemindai DS2200

Sementara Pemindai DS8100 dan DS2200 memungkinkan para pebisnis ritel untuk meningkatkan produktivitas kasir guna mempersingkat antrian karena jangkauan pemindaiannya yang unggul memungkinkan para kasir untuk memindai barang di keranjang belanja pelanggan dengan mudah tanpa meninggalkan mesin register.

Tags: , , ,


COMMENTS