June 5, 2017

Carpooling Sosial Racikan Grab Sudah Bisa Dinikmati Pelanggan Jabodetabek

Penulis: Eko Lannueardy
Carpooling Sosial Racikan Grab Sudah Bisa Dinikmati Pelanggan Jabodetabek  

MOBITEKNO – Grab beberapa waktu lalu kembali membuat trobosan dengan menggulirkan layanan carpooling sosial roda empat pertamanya di Indonesia, GrabHitch (Nebeng) Mobil. Layanan ini dirancang untuk para komuter reguler yang memiliki tempat duduk ekstra di mobilnya guna menjemput teman seperjalanan yang memiliki rute searah dan juga perjalanan antar kota dengan rute Jakarta – Bandung dan Surabaya – Malang. 

Peluncuran GrabHitch (Nebeng) Mobil di Indonesia juga didorong oleh proyeksi kepemilikan mobil di Tanah Air yang diperkirakan meningkat 10,5% per tahun hingga 2020. Sementara itu, sebagian pemilik sepeda motor di negara ini juga diperkirakan akan beralih ke kendaraan roda empat yang mencerminkan besarnya kelompok pembeli mobil kali pertama. 

"Jumlah kendaraan, khususnya di kota-kota besar di Indonesia, terbilang cukup tinggi. Di Jakarta saja terdapat lebih dari 3 juta mobil penumpang pada 2014 dengan pertumbuhan sekitar 8,75% per tahun. Bayangkan betapa signifikannya jumlah kendaraan dengan tempat duduk ekstra yang dapat digabungkan untuk memuat lebih banyak teman seperjalanan," ungkap Ridzki Kramadibrata, Managing Director, Grab Indonesia.

Ditambahkan oleh Ridzki, untuk itulah Grab memperkenalkan GrabHitch (Nebeng) Mobil sebagai tindaklanjut atas kesuksesan dari peluncuran GrabShare dan GrabHitch (Nebeng) Motor, serta dipacu oleh kenyataan bahwa semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan carpool seiring dengan upaya bersama untuk saling membantu mengurangi jumlah kendaraan yang melintasi jalanan.

Hal senada juga ditegaskan oleh Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia. Ia mengatakan, bahwa Grab terus berupaya untuk menghadirkan sebuah solusi yang lebih baik kepada para komuter. Harapannya, GrabHitch (Nebeng) Mobil mengajak para komuter untuk beralih ke komunitas carpooling dengan beragam manfaat menarik, baik bagi pengemudi maupun teman seperjalanan.

"GrabHitch (Nebeng) Mobil yang kami hadirkan sangat sejalan dengan konsep berbagi yang semakin akrab di masyarakat. Oleh sebab itu, Grab juga yakin ada ruang bagi komuter untuk berkembang, di mana bagi mereka transportasi tak lagi sekedar transaksi, namun juga peluang untuk membangun hubungan dengan sesama komuter," ungkap Mediko.

GrabHitch (Nebeng) Mobil membutuhkan pemesanan di muka, dan Grab akan memasangkan permintaan teman seperjalanan dengan pengemudi yang memiliki rute perjalanan yang sama. Teman seperjalanan dan pengemudi dapat menjadwalkan perjalanannya mulai dari 15 menit hingga 7 hari sebelumnya. Lebih lanjut, pengemudi hanya diperbolehkan untuk menerima maksimal dua kali perjalanan per hari. 

"Melalui kampanye bertema 'Semua Berawal dari Nebeng', kami mencetuskan ide bahwa segala sesuatu dapat terjadi dari sebuah tebengan dimana layanan ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk bersosialisasi dan menemukan hal-hal baru bersama teman baru dan calon mitra bisnisnya, sehingga benar-benar bisa memperluas jejaring sosial mereka," pungkas Mediko.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS