February 5, 2017

WhatsApp Bersiap Hadirkan Fitur Live Location Tracking. Apa Gunanya?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
WhatsApp Bersiap Hadirkan Fitur Live Location Tracking. Apa Gunanya?  

MOBITEKNO – Pengguna aplikasi messaging WhatsApp nantinya akan dapat saling membagikan lokasi mereka berada untuk dapat saling mendekat dan bertemu di satu titik. Indikasi ini terlihat dari fitur 'Live Location Tracking' yang sedang diuji coba pada versi beta WhatsApp.

Belum diketahui kapan fitur 'Live Location Tracking' akan hadir di versi stabil WhatsApp. Fitur ini baru tersedia pada WhatsApp versi Android versi 2.16.399 dan iOS versi 2.17.3.28.

Dengan fitur berbagi lokasi penguna secara real time ini,  pengguna WhatsApp dapat membagikan lokasinya berada selama periode waktu tertentu (1, 2, atau 5 menit) atau bahkan terus-menerus.

Sebelumnya pengguna harus memilih siapa saja temannya (contact) yang dapat mengetahui lokasinya selama periode tertentu. Fitur ini akan berguna jika beberapa orang ingin bertemu di suatu tempat keramaian (mal, pasar, stasiun, dan lain-lain) setelah sudah berada di satu tempat/gedung.

Bagi para orang tua, fitur ini juga bermanfaat untuk melacak aktivitas anaknya yang masih perlu diawasi selama berada di luar rumah. Fitur ini kemungkinan tidak diaktifkan secara otomatis demi menjada privasi pengguna. Pengguna yang tertarik menggunakannya bisa mengaktifkannya melalui menu 'Settings'.

Selain fitur 'Live Location Tracking', WhatsApp juga dikabarkan sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit atau bahkan menarik pesan yang sudah terlanjur terkirim. Fitur ini baru efektif jika pesan tersebut belum sempat dibaca oleh pihak penerima.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS