January 5, 2017

BMW Berencana Bawa Cortana ke Kabin Kendaraan

Penulis: Desmal Andi
BMW Berencana Bawa Cortana ke Kabin Kendaraan  

MOBITEKNO – Cortana sudah diperkenalkan Microsoft sejak beberapa tahun lalu. Perangat pengenal suara dua arah ini bekerja seperti Siri dan sudah banyak ditemukan di berbagai perangkat smartphone, laptop, tablet dan bahkan konsol game yang berbasis Windows. Perlahan, Cortana pun mulai dilirik industri otomotif. Setelah Volvo juga berencana memasukkan Cortana ke kabin, kini BMW memiliki rencana yang sama. Perusahaan asal Jerman ini bisa jadi akan memasukkan Cortana ke kabin mobil-mobil mewahnya untuk kemudahan penumpang dan pengemudi mendapatkan informasi dua arah.

Rencana masuknya Cortana ini merupakan bagian dari BMW ConnectedDrive yang selama ini sudah menyajikan infotainment dan komunikasi secara online. BMW pun pada tahun lalu meluaskan lagi dengan menggunakan platform digital yang mereka namakan BMW Connected. Platform ini bisa membawa pengalaman pengemudi lebih luas lagi, baik dari dalam maupun luar kendaraan.

Solusi yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi pengemudi dengan platform digital ini ditunjukkan BMW pada CES 2017 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. BMW menunjukkan kepada para pengunjung berbagai solusi digital otomatis yang dapat digunakan mobil-mobil masa depan serta membuat para pemilik bisa merencanakan jadwal kehidupan mereka dari balik kemudi.

BMW Connected akan ditingkatkan fungsinya dengan menyertakan sistem kontrol suara cerdas yang saat ini sudah akrab bagi para pengguna smartphone dan laptop di kehidupan sehari-hari. Cortana sebagai salah satu solusi komunikasi buatan Microsoft bisa menjadi solusi komunikasi di dalam kabin kendaraan.

Menurut BMW, aplikasi Cortana bisa menawarkan semua informasi serta layanan yang dikontrol dari perintah suara. Hal ini sama seperti saat menggunakan Cortana i perangkat PC berbasis Windows atau smartphone. Solusi Cortana ini juga bisa membawa BMW Connected untuk meningkatkan pengalaman pengemudi untuk menampilkan seluruh jadwal pada hari ini serta menambah atau membuat jadwal berikutnya. Pengemudi juga bisa mengetahui arah atau navigasi rute yang akan dilaluinya dengan mudah. Bahkan, Cortana bisa juga merekomendasikan sebuah tempat makan yang ideal dan cocok bagi pemilik BMW.

Namun, masuknya Cortana ini masih menjadi visi BMW di masa depan. Jadi, masih kecil kemungkinanna untuk melihat Cortana di dalam kabin BMW dalam waktu dekat. Namun, rencana ini sudah menggambarkan visi dari banyak pembuat kendaraan untuk menciptakan dan membuat kemudahan bagi penumpang dan pengemudi saat berkendara di jalan raya.

Sumber: Uber Gizmo

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS