December 4, 2017

Wow! Akun Bisnis di Instagram Sudah Sentuh Angka 25 Juta

Penulis: Eko Lannueardy
Wow! Akun Bisnis di Instagram Sudah Sentuh Angka 25 Juta  

MOBITEKNO – Instagram mengumumkan bahwa komunitas bisnis yang dimilikinya kini telah tumbuh menjadi 25 juta akun yang didominasi oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jumlah tersebut meningkat dari total 15 juta akun pada bulan Juli 2017 lalu.

Tercatat, saat ini ada 800 juta akun aktif setiap bulannya yang mengikuti passion mereka di Instagram, Hal ini sekaligus menggambarkan bahwa semakin banyak pengguna memanfaatkan platform Instagram untuk terhubung dengan bisnis yang mereka sukai. 

Fakta lainnya, lebih dari 80% akun Instagram telah mengikuti satu akun bisnis, dimana 200 juta pengguna di antaranya telah mengunjungi profil bisnis secara aktif setiap harinya. Hasilnya, komunitas Instagram juga ikut berkontribusi besar dalam mendukung  pertumbuhan beberapa bisnis yang ada.

Melalui konten visual yang mereka bagikan, tak sedikit akun bisnis kini terus membangun koneksi berharga dan mendorong percakapan lebih jauh. Instagram telah menjadi platform utama untuk menunjukkan eksistensi digital mereka.

Sebagai contoh, perusahaan sepatu AMAZARA (@amazara.id). Berbasis di Indonesia, AMAZARA menggunakan Instagram sebagai platform utama untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Melalui post yang menarik, Instagram Stories dan Direct, brand ini berhasil mengembangkan bisnisnya dan merekrut sebanyak 70 pegawai dalam kurun waktu dua tahun.

Tak hanya di Indonesia, berkembangnya berbelanja via Instagram juga terjadi di Amerika Serikat. Disebutkan, Instragram menemukan bahwa beberapa brand, seperti Man Outfitters (@manoutfitters), WYLDER (@wyldergoods) dan Letterfolk (@letterfolk) menggunakan tag belanja untuk membantu orang menemukan produk baru yang mereka sukai.

"Ketika Anda hanya memiliki sepersekian detik untuk menarik perhatian pelanggan secara organik, kemampuan untuk menghubungkan mereka dengan produk yang menarik perhatian merupakan hal yang berharga," jelas Joe Nullet, VP of Branding & Marketing, Man Outfitters.

Joe juga menegaskan bahwa pelanggan yang mengikuti akun bisnis untuk mencari konten yang berkualitas kini dapat dengan mudah diarahkan kepada produk-produk tertentu tanpa mengacaukan kebiasaan browsing mereka. Bahkan, konsumen yang tidak terlalu tertarik pada konten promosi juga akan memperhatikannya.

Musim liburan di akhir tahun merupakan waktu tersibuk dan terpenting bagi usaha kecil dan menengah dimanapun. Oleh karena itu, Instagram telah membagikan beberapa informasi untuk para UKM yang dilengkapi dengan tips dan trik untuk memanfaatkan Instagram secara maksimal di tengah musim liburan.

Bisnis dari seluruh dunia kini melirik Instagram sebagai sebuah toko visual terintegrasi, karena karakternya yang mengutamakan visual, penampilan, dan perasaan. Untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana Instagram dapat membantu meningkatkan bisnis Anda selama musim liburan, silakan mengunjungi tautan ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS