August 3, 2017

Sertakan Fitur VPN dan Tor, Modem Mi-Fi Karma Black Hadirkan Koneksi Internet Aman di Mana Saja

Penulis: Iwan RS
Sertakan Fitur VPN dan Tor, Modem Mi-Fi Karma Black Hadirkan Koneksi Internet Aman di Mana Saja  

MOBITEKNO – Akses Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini. Begitu pentingnya akses informasi setiap saat di berbagai tempat membuat smartphone menjadi salah satu perangkat paling diminati orang.

Kemudahan mengakses Internet membuat semakin banyak pula masyarakat yang memanfaatkan jalur Internet untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk aktivitas personal, bisnis, keuangan, dan lain-lain.

Seperti peribahasa 'Ada gula ada semut', tidak heran pula jika para kriminal siber (cyber) pun melakukan berbagai cara (penyadapan, peretasan, penjebolan, dan lain-lain) untuk mengambil keuntungan dari tren makin lazimnya masyarakat menggunakan Internet tersebut.

Konsekuensinya, pengguna membutuhkan akses Internet yang aman dan privasi yang tinggi jika tidak ingin jadi korban para kriminal siber. Salah satu yang solusi Internet yang aman dan privasi tinggi adalah menggunakan koneksi Internet dengan dukungan VPN (Virtual Private Network).

Selain privasi tinggi, koneksi VPN juga menyediakan cara aman untuk berselancar dan mengakses layanan stream video/audio tanpa limitasi geografis yang kerap diterapkan pemerintah di negara tertentu.

Selain melalui tool gratis, seperti TunnelBear, Windscribe, Speedify, PrivateTunnel, Freelan, atau browser Opera, saat ini akses Internet melalui jalur VPN juga disediakan berbagai jasa/layanan VPN profsional, seperti ExressVPN, NordVPN, PureVPN, HideMyAss, Norton (WiFi Privacy) dan masih banyak lainnya. Jumlah server VPN dan dukungan negara menjadi salah satu parameter untuk menilai bagus tidaknya layanan VPN tersebut. 

""

Modem Mi-Fi Karma Go yang belum memiliki dukungan VPN dan TOR di dalamnya.

Apabila memakai jasa VPN masih dianggap kurang praktis, belum lama ini produsen Karma Mobility menawarkan solusi VPN yang lebih terintegrasi karena langsung termuat pada perangkat mobile Wi-Fi (Mi-FI) hotspot khusus. Dengan membayar biaya bulanan tertentu (data plan), penguna sudah langsung mendapatkan akses Internet aman melalui fitur VPN yang termuat di dalamnya.

Wi-Fi hotspot yang dinamakan Karma Black ini merupakan versi/model khusus dari Mi-Fi KarmaGo yang telah dilengkapi dengan fitur built-in Tor, black listing, ad blocking, dan tentu saja koneksi VPN. 

Karma menyebut Karma Black ini sebagai sebuah 'invisibility cloaking device' karena pengguna Internet karena dapat menyembunyikan identitas, lokasi, dan aktivtias web-nya, termasuk mencegah malware dan iklan-iklan yang menggangu saat berselancar dengan browser.

Sayangnya informasi mengenai harga dan ketersediaannya di luar negara AS masih belum diketahui secara pasti. Rencananya, Karma Black akan diluncurkan bulan September ini di AS.

Tags: , , , ,


COMMENTS