July 3, 2017

Lonjakan Layanan Data Telkomsel Tembus 6.000 TB di Hari Lebaran

Penulis: Eko Lannueardy
Lonjakan Layanan Data Telkomsel Tembus 6.000 TB di Hari Lebaran  

MOBITEKNO – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen Lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136% atau menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2016 lalu.

Jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, layanan ini juga mengalami kenaikan lebih dari 27%. Penggunaan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36%), disusul layanan video streaming (29%). Peningkatan trafik layanan data juga terlihat paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik.

Wilayah Sumatera mengalami peningkatan penggunaan layanan data hingga lebih dari 36%, sementara wilayah Jawa Bali mencapai lebih dari 32% jika dibandingkan dengan hari normal 2017. Namun secara nominal, trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek dan Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB, disusul dengan area Jawa Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 TB.

Berbeda dengan layanan data yang semakin diminati oleh banyak pelanggan sebagai pilihan utama untuk berkomunikasi di hari Lebaran, layanan suara dan SMS tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan trafik di hari normal. Trafik layanan suara turun 6% menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.   

"Alhamdulillah jaringan kami berfungsi dengan baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan di momen Lebaran. Jauh-jauh hari sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran," ucap Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel juga telah melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 35% – 60%.

Sementara itu untuk menjamin kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan komunikasi sepanjang periode mudik Lebaran, Telkomsel juga telah menyiagakan jaringan berkualitas, terutama di 838 hotspot atau POI (Point of Interest) yang merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel telah menyiagakan sebanyak 89 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi menggunakan layanan data. Di sisi pelayanan, Telkomsel juga menghadirkan Posko Mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI.

Selain itu, seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga berfungsi maksimal selama libur Lebaran, diantaranya 84 GraPARI Telkomsel Siaga dan 346 GraPARI Mitra Siaga, 487 Mobile GraPARI, 81 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 359 Branch Office Mitra Distributor (TDC). Telkomsel juga turut menjaga ketersediaan kartu perdana dan voucher isi ulang (mkios) melalui 3.779 Outlet Siaga.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS