August 31, 2016

Walau Baru Berusia 6 Tahun, Dzaky Sudah Bisa Membayangkan Mobil Masa Depan

Penulis: Desmal Andi
Walau Baru Berusia 6 Tahun, Dzaky Sudah Bisa Membayangkan Mobil Masa Depan  

MOBITEKNO – Merancang dan menggambarkan sebuah ide mobil masa depan bisa dilakukan dari sebuah coretan kecil di sebuah kertas oleh siapapun. Namun, jika hal ini dilakukan oleh anak berusia di bawah 8 tahun, tentunya menjadi hal yang cukup membanggakan, baik untuk orangtua maupun berbagai pihak yang mendukungnya. Hal ini pun dibuktian oleh Dzaky Averil Sholahuddin, anak Indonesia yang baru berusia 6 tahun. Dzaky berhasil meraih Silver Award pada ajang World Contest Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2016 dengan tema Mobil Masa Depan untuk kategori usia di bawah 8 tahun.

Penghargaan Silver Award ini diserahkan langsung oleh Mitsuhisa Kato selaku Executive Vice President & Member of Board Toyota Motor Corp di Tokyo, Jepang, pada Rabu 24 Agustus 2016. Di ajang ini, Dzaky mampu menggambarkan mobil masa depan dalam bentuk “Mobil Jamur Penyelamat” , yaitu mobil berbentuk jamur sebagai penyelamat saat terjadi kebakaran hutan. Mobil ini tidak hanya menyelamatkan korban, tetapi juga mampu memaadamkan api dan mengubah udara penuh asap menjadi udara bersih.

“Selamat kepada ananda Dzaky yang berhasil mengharumkan Indonesia di tingkat global. Semoga prestasi ini juga dapat memicu anak-anak Indonesia lainnya untuk mengembangkan bakat seni sekaligus kepedulian terhadap masalah di sekitarnya,” ujar Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor. “Melalui TDCAC, kata Henry, anak-anak Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan, tidak hanya dalam keahlian menggambar namun juga ekspolasi ide dari anak Indonesia,” tambah Henry.

Di ajang ini, tidak hanya Dzaky yang mampu mengharumkan nama Indonesia. Satu anak lagi bernama Putti Kurnia Serfiyani yang berusia 15 tahun asal jember, Jawa Timur, juga berhasil masuk sebagai finalis di kategori usia 12-15 tahun. Prestasi ini tentu diraih dengan tidak mudah oleh Dzaky dan Putti karena mereka harus melalui dua tahap seleksi penyaringan pada ajang local contest dan world contest TDCAC.

Kontes yang telah berlangsung sejak tahun 2004 ini merupakan kontes yang ditujukan bagi anak-anak berusia di bawah 15 tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kontes ini terdiri dari tiga tahap, yaitu Local Contest (tahap nasional) dan World Contest (tahap internasional), dan Awarding.

Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) diselenggarakan sebagai bagian dari inisiatif kontribusi sosial yang dilakukan oleh Toyota Group. TDCAC merupakan aktivitas global Toyota yang mengajak anak-anak di seluruh dunia dan khususnya di Indonesia, untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah empat kali berpartisipasi pada Toyota Dream Car Art Contest, yaitu pada 2008, 2011, 2012, dan 2015. Dari keempat ajang TDCAC tersebut, Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS