May 31, 2016

Lei Jun: April 2016 Xiaomi Kuasai Pasar Smartphone Tiongkok, Samsung Paling Buncit

Penulis: Abdillah
Lei Jun: April 2016 Xiaomi Kuasai Pasar Smartphone Tiongkok, Samsung Paling Buncit  

MOBITEKNO – Di Tiongkok, Xiaomi mampu menduduki peringkat pertama untuk menguasai pasar smartphone di bulan April 2016 dan berhasil menumbangkan dua kompetitor utamanya, Huawei dan LeEco. Meski hanya menunjukkan angka penjualan di bulan April saja, namun ini adalah pertama kalinya sebuah produsen smartphone asal Tiongkok berhasil meraih pangsa pasar domestik hingga 26%.

Setidaknya, itulah informasi yang dilontarkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun lewat akun sosial medianya di Weibo yang mengambil data dari lembaga riset Sino. Hasil riset tersebut juga memperlihatkan posisi brand Honor yang merupakan bagian dari Huawei ada di perikat kedua dengan pangsa pasar 15,7%.

Peringkat ketiga diduduki oleh LeEco yang mampu meraih angka sebesar 10,5% dan Apple, produsen smartphone asal Amerika Serikat berada di posisi keempat dengan pangsa pasar sebesar 8,2%. Sedangkan produsen smartphone asal Tiongkok lainnya, yakni Huawei berada di tempat kelima dengan pangsa sebesar 8%.

Melihat data tersebut, dapat dikatakan bahwa penjualan smartphone Xiaomi setara dengan angka penjualan gabungan Honor dan LeEco serta tiga kali lebih banyak dari Apple. Sementara pemimpin pasar smartphone global, Samsung berada di posisi buncit dengan hanya penguasaan pasar sebesar 3,2%.

Tiongkok sendiri merupakan produsen smartphone terbesar di dunia dengan potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Dorongan sejumlah brand asal Tiongkok ke pasar barat telah dilakukan, terutama oleh Huawei. Sayangnya, trafik pendistribusiannya masih relatif minim. Beda halnya dengan brand global, seperti Apple atau lainnya yang berhasil menembus pasar Tiongkok.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS